Berkisah melalui Boneka Tangan untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa di RA Muslimat Nurul Muttaqin

Fikri, Mohammad Tsaqibul and Suwiti, Suwiti (2019) Berkisah melalui Boneka Tangan untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa di RA Muslimat Nurul Muttaqin. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4 (2): 3. pp. 140-155. ISSN 2597-6656

[thumbnail of midya,+10.+M.+TSAQIBUL+FIKRI+DAN+SUWITI.pdf] Text
midya,+10.+M.+TSAQIBUL+FIKRI+DAN+SUWITI.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of Berkisah melalui Boneka Tangan untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa di RA Muslimat Nurul Muttaqin.pdf] Text
Berkisah melalui Boneka Tangan untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa di RA Muslimat Nurul Muttaqin.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Salah satu perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan adalah perkembangan bahasa anak. Bahasa merupakan salah satu media yang digunakan banyak orang untuk bisa berinteraksi dengan sesama dan juga bentuk komunikasi yang paling efektif. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa yaitu metode bercerita. Metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalamanbelajar bagi anak RA dengan membawakan cerita yang berisi nilai-nilai perjuangan, keagaaman, moral, sosial, dan lain-lain baik secara lisan maupun non lisan. Kegiatan berkisah dapat menarik fokus anak untuk mendengarkan, maka media boneka tangan dapat digunakan untuk menarik minat anak untuk bisa antusias, senang, dan perhatian dalam mendengarkan guru. Anak lebih mengenal sejarah-sejarah Islam yang ada dijawa agar cerita sejarah pada zaman dahulu tidak punah/hilang begitu saja, maka kami ingin meningkatkan Perkembangan bahasa melalui boneka tangan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode bercerita dengan boneka tangan dan menjelaskan pengaruh berkisah melalui boneka tangan dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak pada kelompok A. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen rancangan pretest-posttest test design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi pada kelompok A di RA Muslimat Nurul Muttaqin Desa Sokogrenjeng Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban yang berjumlah 28 anak. Melalui uji statistik Nonparametik dengan menggunakan rumus wilcoxon sign test,maka dari hasil penelitian dapat diperoleh hasil Z yang dihasilkan adalah -4,683 dengam p-value(probabilitas) sebesar 0,00 karena nilai p-value(probabilitas) yang di hasilkan kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa metode berkisah dengan menggunakan boneka tangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak di RA Muslimat Nurul Muttaqin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: erkisah, Perkembangan Bahasa, Imajinasi
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 702 Aneka ragam tentang kesenian dan karya seni
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mohammada Tsaqibul Fikri
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:52
Last Modified: 01 Mar 2024 06:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Fikri, Mohammad Tsaqibul
NIDN2108089201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4920

Actions (login required)

View Item
View Item