Pendidikan Agama Islam dan Masyarakat 5.0: Integrasi Keilmuan Sebagai Metode Penguatan Moderasi Beragama di PTKIS

Aziz, Su'udin and Ma'arif, M. Jauharul (2022) Pendidikan Agama Islam dan Masyarakat 5.0: Integrasi Keilmuan Sebagai Metode Penguatan Moderasi Beragama di PTKIS. Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education.

[thumbnail of 58-204-1-PB.pdf] Text
58-204-1-PB.pdf - Published Version

Download (221kB)
[thumbnail of Turnitin] Text (Turnitin)
Pendidikan Agama Islam dan Masyarakat 5.0- Integrasi Keilmuan Sebagai Metode Penguatan Moderasi Beragama di PTKIS.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini melihat konsepsi Society 5.0 sebagai fenomena meleburnya dimensi teknologi virtual dengan dimensi nyata yang ditandai dengan terhubungnya berbagai tempat melalui akumulasi pemerataan informasi dan pengetahuan. Hal ini berimplikasi pada dinamika perubahan sosiologis masyarakat Indonesia yang memiliki ragam ras, suku, agama dan budaya, sekaligus memberikan tantangan baru bagi dunia pendidikan Islam, khususnya PTKIS untuk memaksimalkan dan mengembangkan integrasi keilmuan sebagai metode dalam melihat keragaman tersebut secara arif dan bijak, serta dalam rangka penguatan nilai-nilai moderasi beragama sebagai sebuah konsepsi yang bertujuan untuk menjaga keutuhan bangsa. Penelitian ini berdasarkan pada sebuah kasus pembuangan sesajen di salah satu tempat di Kabupaten Lumajang beberapa pekan lalu yang viral di media sosial dan mendapatkan beragam reaksi dari berbagai kalangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research, tujuan penelitian untuk mengetahui peran PTKIS dalam penguatan moderasi beragama masyarakat era society dengan integrasi keilmuan. Hasil penelitian PTKIS mampu mengelola sumberdaya manusia yang ada dalam kampus dengan memperhatikan disiplin ilmu yang disampaikan, dengan selalui mengaitkan dengan wahyu serta dalil waqi’i dan wira’i, Masyarakat yang ada dalam PTKIS (mahasiswa, dosen, stakeholder kampus) mampu memanfaatkan era teknologi untuk menjadi penangkal dalam pemahamanpemahan yang berat sebelah (tidak moderat), mampu membuat kecerdasan buatan dengan memperhatikan sikap yang terdapat pada manusia (mahasiswa), sehingga PTKIS mampu mengelola aspek pemikiran pada pencapaian ekonomi dengan penyelesaian problem sosial serta penguatan dalam moderasi dalam beragama. Kata kunci: PAI, Masyarakat 5.0, Integrasi keilmuan, Moderasi beragama

Item Type: Article
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: suudin aziz
Date Deposited: 24 Feb 2024 02:00
Last Modified: 24 Feb 2024 02:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Aziz, Su'udin
NIDN2121128602
Author
Ma'arif, M. Jauharul
NIDN2128097201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4887

Actions (login required)

View Item
View Item