PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Fitri, Anisa and Sari, Astrid Chandra and Rosita, Jamiati (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6 (1). ISSN p: 2654-6140, e: 2656-4181

[thumbnail of PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING .pdf] Text
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING .pdf

Download (459kB)
[thumbnail of hasil cek plagiasi PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING.pdf] Text
hasil cek plagiasi PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Balen, dengan pemilihan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 peserta didik dan VII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 peserta didik. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, dokumentasi dan teknik tes. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensia yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji independent sample t-tes) dengan menggunakan program aplikasi statistik SPSS versi 26 dengan taraf signifikan sebesar 5 %. Hasil perhitungan uji independent sample t-tes diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan perhitungan gain score diperoleh nilai sebesar 0,7081. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori peningkatanya adalah tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, HOTS, berpikir kritis
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anisa Fitri
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:15
Last Modified: 02 Feb 2024 08:15
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Fitri, Anisa
NIDN0719049202
Author
Sari, Astrid Chandra
NIDN0721059101
Author
Rosita, Jamiati
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4846

Actions (login required)

View Item
View Item