MUFIDA, ARIYUL and Fitri, Anisa and Ismanto, Ismanto (2023) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflective Dan Impulsive. RANGE : Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2).
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa .pdf
Download (525kB)
hasil cek plagiasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif reflective dan impulsive dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan di MTs N 1 Bojonegoro kelas VII G yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes Gaya Kognitif MFFT (Matching Familiar Figures Test), tes berpikir kritis matematika, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Peneliti menemukan bahwa subjek yang memiliki gaya kognitif reflective memenuhi keenam indikator berpikir kritis yang dikemukakan oleh Ennis, yaitu FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview) saat menyelesaikan masalah matematika. Sedangkan satu subjek dengan gaya kognitif impulsive tidak memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO, dan subjek lain dengan gaya kognitif impulsive hanya dapat memenuhi indikator berpikir kritis Focus saat menyelesaikan masalah matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, gaya kognitif, impulsif, reflektif |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Anisa Fitri |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 08:15 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 08:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Mufida, Ariyul UNSPECIFIED Author Fitri, Anisa NIDN0719049202 Author Ismanto, Ismanto NIDN0709108004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4845 |