Kharomah, Laelatul and Fitri, Anisa and Cindarbumi, Festian (2023) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 12 (2). pp. 154-165. ISSN 2580-0450
EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK .pdf
Download (588kB)
hasil cek plagiasi EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan computational thinking merupakan salah satu keterampilan penting untuk membantu siswa dalam memahami konsep matematika. Namun kemampuan computational thinking siswa Indonesia masih rendah sehingga perlu adanya perencanaan pembelajaran yang relevan dan mampu meningkatkan kemampuan computational thinking siswa. Salah satunya dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realisik. Dengan pendekatan pembelajaran matematika realisik ini siswa akan terlibat dalam membangun sendiri konsep dan model yang dipakai melalui pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji kembali kefektifan penggunaan pendekatan pembelajaran matematika realitik dalam meningkatkan kemampuan computational thinking siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pre-eksperimen pretest- posttest one group design. Populasi yang terlibat adalah 148 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bojonegoro dengan sampel 28 siswa pada kelas VII A tahun akademik 2022/2023. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik efektif meningkatkan kemampuan computational thinking. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis statistika deskripsif yang menunjukkan rata- rata pretest dan posttest yaitu 31,89 (kategori rendah) menjadi 74,62 (kategori sedang). Selanjutnya rata-rata peningkatan kemampuan computational thinking dengan uji Normalized Gain menunjukkan nilai 0,65 (kategori sedang). Selain itu, berdasarkan hasil analisis statistika inferensial dengan uji-t menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,005) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Dan dari hasil perhitungan effect size sebesar 7,76 menunjukkan kategori berefek tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pendekatan pembelajaran matematika realistik, Computational thinking. |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Anisa Fitri |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 08:12 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 08:12 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Kharomah, Laelatul NIM3420190101 Author Fitri, Anisa NIDN0719049202 Author Cindarbumi, Festian NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4842 |