STUDI TENTANG PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DENGAN METODE JIBRIL DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH BALEN

NURAZIZAH, ULFA (2015) STUDI TENTANG PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DENGAN METODE JIBRIL DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH BALEN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of dapus.pdf] Text
dapus.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya penyampaian tujuan. Karena metode menjadi sarana dalam menyampaikan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum. Tanpa metode, suatu materi pelajaran tidakakan dapat berproses secara efisien dan efektif dalam kegiatan belajar mengajar menuju tujuan pendidikan. Berpijak dari uraian diatas permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode jibril di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Balen (2) Problem-problem apa saja yang dihadapi dalam penerapan metode jibril di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Balen, dan (3) Bagaimana hasil dari penerapan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode jibril di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Balen. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pembelajara membaca Al-Qur’an dengan metode jibril di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Balen (2) Untuk mengetahui problem-problem yang dihadapi dalam penerapan metode jibril di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Balen, dan (3) Untuk mengetahui hasil dari penerapan pembelajaran membaca Al- Qur’an dengan metode jibril di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Balen. Dalam melakukan penelitian ini penulis meggunakan metode deskriptifkualitatif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata/ gambarangambaran. Dandalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode observasi, interview,dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tehnikpenerapan Metode Jibril di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Balen bermula dengan membacasatu ayat atau waqof, lalu ditirukan oleh semua siswa. Kemudian gurumembaca sau-dua kali lagi, yang masing-masing ditirukan oleh semua siswa, dan begitu seterusnya sampai mereka dapat menirukan bacaan gurunya dengan pas. Problem yang dihadapi dalam penerapan metode jibril ini adalah kurangnya minat dan muroja’ah siswa dalam membaca al-Qur’an dan kesabaran guru dalam mengajar, Sedangkan Hasil yang didapat cukup baik, hal itu terbukti dengan cara baca Al-Qur’an siswa yang semakin baik dan pengetahuannya tentang ilmu Tajwid juga bertambah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran membaca Al-Qur’an, Metode Jibril
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 410 Linguistik > 418 Pemakaian baku (linguistik preskriptif)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Feb 2022 21:29
Last Modified: 27 Feb 2022 21:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Rozaq, Abd
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item
View Item