Aliriad, Hilmy and Da'i, Mohamad (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEBAGAI BEKAL PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN BAGI MAHASISWA. PENJASKESREK, 10 (2). pp. 49-63. ISSN 2502-6879
2023 - Sinta 4 - Anggota Dai.pdf
Download (484kB)
4 - IMPLEMENTASI PRINSIP PEMBELAJARAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Implementasi prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran ini masih kurang diperhatikan. Studi ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman tentang Lapangan Persekolahan bagi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran efektif pada Pendidikan Jasmani dalam rangka memberikan bekal pengetahuan tentang lapangan persekolahan bagi mahasiswa. Metode penelitian menggunakan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam proses penerapan prinsip pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran, wawancara dengan pengajar, dan angket pembelajaran terkait penilaian ke efektifan prinsip pembelajaran dengan Mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi implementasi prinsip-prinsip pembelajaran efektif. Sampel penelitian terdiri dari 30 mahasiswa. Hasil penelitian dari reduksi data lembar observasi, wawancara, dan angket memperlihatkan bahwa sebagian besar mahasiswa dapat mengaplikasikan prinsip pembelajaran efektif dalam proses pembelajaran saat mengikuti PLP, namun masih ada sebagian yang mengalami kesulitan. Konsep prinsip pembelajaran efektif sangat penting dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan untuk meningkatkan implementasi prinsip-prinsip pembelajaran efektif dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, terutama dalam hal pemahaman lapangan persekolahan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan dasar bagi perbaikan proses pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dalam memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa tentang Lapangan Persekolahan. Saran untuk penelitian lanjutan dapat mengambil sampel dari berbagai Universitas dan juga dengan menambah instrumen pengumpulan data lainnya seperti Focus Group Discussion atau Studi Kasus. Dengan demikian, dapat diketahui perbedaan implementasi prinsip pembelajaran efektif di berbagai Universitas dan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pengembangan bidang keilmuan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Andika Nopratama |
Date Deposited: | 20 Jan 2024 02:02 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 02:47 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Aliriad, Hilmy NIDN0707048904 Author Da'i, Mohamad NIDN0719089401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4825 |