Pengembangan Media Papan Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika SD

Amreta, Midya Yuli and Rofi’ah, Firda Zakiyatur (2023) Pengembangan Media Papan Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10 (1). ISSN p: 2355-5106, e: 2620-6641

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD.pdf] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD (1).pdf] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan media papan hitung diperlukan untuk menyelesaikan masalah dalam bentuk pertanyaan guna mendapatkan jawaban yang benar. Berdasarkan hasil observasi terdapat berapa siswa siswa kelas II yang belum bisa menyelesaikan soal matematika meskipun sederhana. Dibuktikan dengan kesulitan memahami soal, nilai rendah dalam mengerjakan soal tersebut dan guru menggunakan media papan tulis tanpa menggunakan media pendukung lain yang khusus untuk menjelaskan materi tersebut untuk menunjang proses pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan pada media papan hitung pada materi penjumlahan pada mata pelajaran matematika di kelas II serta mendeskripsikan hasil pengembangan media papan hitung pada materi penjumlahan pada mata pelajaran matematika di kelas II. Metode penelitian ini adalah Research and Development ( R & D), metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan sebuah produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Tahap pengembangan yang digunakan penelitian ini mengacu pada pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk, hasil produk. Hasil kelayakan media papan hitung dari ahli materi yaitu mendapatkan persentase sebesar 90%, ahli media 98% sedangkan dari ahli bahasa 94% dari kriteria kelayakan, dari hasil perolehan angket respon siswa yang memperoleh presentasi keefektifan media papan hitung sebesar 94% atau sangat layak, dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, papan hitung, penjumlahan
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainun Jariyah
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:07
Last Modified: 11 Jan 2024 04:07
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Amreta, Midya Yuli
NIDN2130079101
Author
Rofi’ah, Firda Zakiyatur
2106089303
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4806

Actions (login required)

View Item
View Item