Mukarromah,, Ayu (2015) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN PESEN KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
cover.pdf
Download (24kB)
pengesahan.pdf
Download (155kB)
bab i.pdf
Download (76kB)
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB) | Request a copy
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB) | Request a copy
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB) | Request a copy
bab v.pdf
Restricted to Registered users only
Download (30kB) | Request a copy
daftar pustaka.pdf
Download (43kB)
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritiual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Mengembangkan potensi diri juga harus diimbangi dengan akhlaq yang baik karena hanya akhlak yang baik yang dapat menjadikan manusia berbeda dengan makhluk lainnya. Pemupukan akhlak dapat melalui pendidikan di sekolah melalui pelajaran di sekolah. Pelajaran pendidikan agama Islam khususnya, dan bila perlu juga melalui pendidikan pelajaran umum dengan cara memasukkan nilai-nilai karakter melalui pelajaran umum. Siswasiswi perlu dibina dan diarahkan pada agama yang positif agar kelak menjadi manusia yang sehat jasmani dan rohani, berbudi pekerti luhur, sehingga nantinya dapat menjadi insan pembangunan yang mantap dan bertanggung jawab. Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Pesen Kanor Bojonegoro. (2) bagaimana karakter peserta didik di SDN Pesen Kanor Bojonegoro. (3) adakah pengaruh pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter peserta didik di SDN Pesen Kanor Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling atau penelitian bertujuan. Pengumpulan datanya dengan metode observasi, angket, interview, dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik korelasi product moment. Dari hasil perhitungan yang dilakukan penulis diperoleh hasil nilai 0,826 dari N = 10. Bila dikonsultasikan dengan tabel nilai r product moment pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,632 dan 1% sebesar 0,765. Berdasarkan analisis dan interprestasi data memberikan kesimpulan bahwa N = 10 pada taraf signifikan 5% rt = 0,632, ro = 0,826, dengan demikian ro > rt. Jadi pendidikan agama Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik di SDN Pesen Kanor Bojonegoro
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Karakter Peserta Didik |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 27 Feb 2022 10:22 |
Last Modified: | 27 Feb 2022 10:22 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Azizah, Imroatul UNSPECIFIED Thesis advisor Ulfa, Ulfa UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/479 |