PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI

Amreta, Midya Yuli and YULIA, NURUL MAHRUZAH (2022) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI. JURNAL JURRIMIPA : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1 (1). pp. 71-81. ISSN pISSN: 2828-9382, eISSN: 2828-9382

[thumbnail of Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV MI.pdf] Text
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV MI.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of Plagiasi PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI.pdf] Text
Plagiasi PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran matematika materi pecahan masih berorientasi pada guru (teacher centered) yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan dominasi metode ceramah. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Tujuan yang ingin dicapai adalah, Mendeskripsikan motivasi belajar siswa, Mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, serta Mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa saat berlangsungnya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif Subjek penelitian adalah kelas IV MI Nahdlatul Ulama Unggulan Sumberrejo Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat. Pada siklus I persentase yang diperoleh sebesar 58,25%, siklus II sebesar 74,64%, dan siklus III sebesar 87,78%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainun Jariyah
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:30
Last Modified: 05 Jan 2024 02:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Amreta, Midya Yuli
NIDN2130079101
Author
YULIA, NURUL MAHRUZAH
NIDN0722079501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4784

Actions (login required)

View Item
View Item