Amreta, Midya Yuli and YULIA, NURUL MAHRUZAH (2022) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI. JURNAL JURRIMIPA : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1 (1). pp. 71-81. ISSN pISSN: 2828-9382, eISSN: 2828-9382
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV MI.pdf
Download (673kB)
Plagiasi PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran matematika materi pecahan masih berorientasi pada guru (teacher centered) yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan dominasi metode ceramah. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Tujuan yang ingin dicapai adalah, Mendeskripsikan motivasi belajar siswa, Mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, serta Mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa saat berlangsungnya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif Subjek penelitian adalah kelas IV MI Nahdlatul Ulama Unggulan Sumberrejo Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat. Pada siklus I persentase yang diperoleh sebesar 58,25%, siklus II sebesar 74,64%, dan siklus III sebesar 87,78%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ainun Jariyah |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 02:30 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 02:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Amreta, Midya Yuli NIDN2130079101 Author YULIA, NURUL MAHRUZAH NIDN0722079501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4784 |