PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTENGAN MATEMATIKA YANG DIPADUKAN DENGAN STRATEGI RQS

Amreta, Midya Yuli (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTENGAN MATEMATIKA YANG DIPADUKAN DENGAN STRATEGI RQS. Jurnal Numeracy, 6 (1).

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Bentengan Matematika Yang Dipadukan Dengan Strategi RQS.pdf] Text
Pengembangan Media Pembelajaran Bentengan Matematika Yang Dipadukan Dengan Strategi RQS.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of Plagiasi PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTENGAN MATEMATIKA YANG DIPADUKAN DENGAN STRATEGI RQS.pdf] Text
Plagiasi PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTENGAN MATEMATIKA YANG DIPADUKAN DENGAN STRATEGI RQS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bentengan matematika yang valid, praktis, dan efektif mata pelajaran matematika untukkelas IV Sekolah Dasar materi operasi hitung bilangan bulat yang meliputi perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan yang dikembangkan dan dibelajarkan melalui strategi RQS(Read-QuestionSummary). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four-D Model) hasil pengembangan diuji dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi media pembelajaran bentengan matematika oleh validator menunjukkan bahwa media pembelajaran bentengan matematika valid dan layak digunakan, (2) penerapan media pembelajaran bentengan matematika menunjang kegiatan pembelajaran, hal ini didasari oleh: (a) Keterlaksanaan RPP baik (rata-rata pada kelas IV-A dan VI-B adalah 3,64 dan 3,49) dengan skor maksimal adalah 4; (b) hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaranmampudiatasibaik oleh guru denganbeberapasolusi; (c) respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif (persentase rata-rata siswa yang tertarik dengan pembelajaran adalah 97%; (d) semua siswa tuntas hasil belajarnya secara individual maupun klasikal,semuasiswatuntassecaraindividudengan rata-rata kelas97,33 pada kelas IV-A dan 94,2 pada kelas V-B. Sedangkanketuntasanklasikalpada tuntasdenganpersentase 100%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning Media with Mathematics, RQS Strategy (Read-Question-Summary), Cognitive Learning Outcomes
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainun Jariyah
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:26
Last Modified: 05 Jan 2024 02:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Amreta, Midya Yuli
2130079101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4783

Actions (login required)

View Item
View Item