Amreta, Midya Yuli (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTENGAN MATEMATIKA YANG DIPADUKAN DENGAN STRATEGI RQS. Jurnal Numeracy, 6 (1).
Pengembangan Media Pembelajaran Bentengan Matematika Yang Dipadukan Dengan Strategi RQS.pdf
Download (387kB)
Plagiasi PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTENGAN MATEMATIKA YANG DIPADUKAN DENGAN STRATEGI RQS.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bentengan matematika yang valid, praktis, dan efektif mata pelajaran matematika untukkelas IV Sekolah Dasar materi operasi hitung bilangan bulat yang meliputi perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan yang dikembangkan dan dibelajarkan melalui strategi RQS(Read-QuestionSummary). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four-D Model) hasil pengembangan diuji dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi media pembelajaran bentengan matematika oleh validator menunjukkan bahwa media pembelajaran bentengan matematika valid dan layak digunakan, (2) penerapan media pembelajaran bentengan matematika menunjang kegiatan pembelajaran, hal ini didasari oleh: (a) Keterlaksanaan RPP baik (rata-rata pada kelas IV-A dan VI-B adalah 3,64 dan 3,49) dengan skor maksimal adalah 4; (b) hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaranmampudiatasibaik oleh guru denganbeberapasolusi; (c) respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif (persentase rata-rata siswa yang tertarik dengan pembelajaran adalah 97%; (d) semua siswa tuntas hasil belajarnya secara individual maupun klasikal,semuasiswatuntassecaraindividudengan rata-rata kelas97,33 pada kelas IV-A dan 94,2 pada kelas V-B. Sedangkanketuntasanklasikalpada tuntasdenganpersentase 100%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Media with Mathematics, RQS Strategy (Read-Question-Summary), Cognitive Learning Outcomes |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ainun Jariyah |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 02:26 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 02:26 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Amreta, Midya Yuli 2130079101 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4783 |