Saiful, Anwar (2015) PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH ROUDLOTUS SHOLIHIN KARANGSONO DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
cover.pdf
Download (117kB)
pengesahan.pdf
Download (2MB)
bab i.pdf
Download (259kB)
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB) | Request a copy
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB) | Request a copy
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Download (637kB) | Request a copy
bab v.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB) | Request a copy
daftar pustaka.pdf
Download (138kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB) | Request a copy
Abstract
Keteladanan dalam pendidikan merupakan bagian dari sejumlah metode yang paling ampuh dan efektif dalam mempersiapkan dan membentuk anak secara moral, spiritual, dan sosial. Setiap sekolah memiliki peraturan dan tata tertip yang harus dilaksanakan dan di patuhi oleh semua siswa. Peraturan yang dibuat sekolah merupakan kebijakan sekolah yang tertulis dan berlaku sebagai standar untuk tingkah laku siswa sehingga siswa mengetahui batasan-batasan dalam bertingkah laku. Dengan rumusan masalah sebagai berikut; a) Bagaimana sikap teladan guru di MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro?, b) Bagaimana kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro?, c) Adakah pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; a) Untuk mengetahui sikap teladan guru di MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro. b) Untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro. c) Untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi; 4) angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keteladanan guru memiliki pengaruh yang baik terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono. Hal ini terbukti dari hasil angket tentang keteladanan guru di MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro ditemukan bahwa sekitar 65,68% guru memberikan contoh baik kepada siswanya, dan kedisiplinan belajar siswa juga dapat dikategorikan baik. Yaitu dengan rata-rata kedisiplinan belajar siswa mencapai nilai 64,6%. Dan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono dalam penelitian ini, digunakan metode analisis statistik Product Moment. Dan hasil dari rumusan Product Moment dapat diketahui bahwa nilai r sebesar 0,805 dan masuk pada kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keteladanan Guru, Kedisiplinan Belajar Siswa |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya 200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 27 Feb 2022 09:49 |
Last Modified: | 27 Feb 2022 09:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Masjkur, M. UNSPECIFIED UNSPECIFIED Sugeng, Sugeng UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/478 |