YAQIN, NURUL (2015) PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA (CHARACTER BUILDING) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS AL-AMANAH BALONGSUMBER DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (262kB)
pengesahan.pdf
Download (269kB)
bab i.pdf
Download (213kB)
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB) | Request a copy
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB) | Request a copy
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB) | Request a copy
bab v.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (121kB)
Abstract
Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia.Adanya pendidikan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan keluarga, lingkungan masyarakat, dirinya sendiri maupun kehidupan bangsa dan Negara.Pendidikan berupaya mendidik manusia yang mempunyai ilmu pengetahuan dan ketrampilan dan juga disertai dengan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT.Begitu juga dengan pendidikan akhlak, dalam hal ini peranan aqidah merupakan sumber daya pendorong dan pembangkit bagi tingkah laku dan perbuatan yang baik, dan juga merupakan pengendali dalam mengarahkan tingkah laku dan perbuatan manusia karena itu pembinaan moral harus didukung pengetahuan tentang ke-Islaman pada umumnya dan aqidah atau keimanan pada khususnya.
Dengan rumusan masalah sebagai berikut; 1) Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Al-Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro?, 2) Bagaimana karakter siswa di SMP Plus Al-Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro?, 3) Bagaimana peranan Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter siswa (charachter building)SMP Plus Al-Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro?
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; a)Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Al-Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro. b) Untuk mendeskripsikan karakter siswa SMP Plus Al-Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro. c) Untuk mendeskripsikan bagaimana peranan pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa (charachter building) SMP Plus Al-Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi; 4) angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendidikan agama Islamdi SMP Plus Al-Amanah Balongsumber mendapat sambutan cukup baik dari para siswa, dengan bukti banyaknya siswa yang mengikuti kegiatan keagamaan yang bersifat kurikuler maupun extrakurikuler. Dan pembentukan karakter siswa juga dapat dikategorikan baik dengan bukti dari hasil observasi penilaian terdapat nilai 85,2%. Dan untuk mengetahui peranan pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa (charachter building) SMP Plus Al-Amanah Balongsumber Dander Bojonegorosudah terlaksana dengan baik sesuai dengan
tuntunan al-Qur’an dan Hadits.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa (Character Building) |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 27 Feb 2022 09:40 |
Last Modified: | 27 Feb 2022 09:40 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Azizah, Imroatul UNSPECIFIED UNSPECIFIED Rozaq, Abd. UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/477 |