PENGEMBANGAN MEDIA EDUGRAFIS RISEARCH AND DEVELOPMENT DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PASCA PANDEMI COVID 19

Anggraini, Fetrika and Mahmudah, Nur (2023) PENGEMBANGAN MEDIA EDUGRAFIS RISEARCH AND DEVELOPMENT DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PASCA PANDEMI COVID 19. PENGEMBANGAN MEDIA EDUGRAFIS RISEARCH AND DEVELOPMENT DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PASCA PANDEMI COVID 19, 10 (1). pp. 38-50. ISSN 2406-730X

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA EDUGRAFIS RISEARCH AND DEVELOPMENT DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PASCA PANDEMI COVID 19.pdf] Text
PENGEMBANGAN MEDIA EDUGRAFIS RISEARCH AND DEVELOPMENT DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PASCA PANDEMI COVID 19.pdf - Published Version

Download (416kB)
[thumbnail of HASIL PLAGIASI PENGEMBANGAN MEDIA EDUGRAFIS RISEARCH AND DEVELOPMENT DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PASCA PANDEMI COVID 19.pdf] Text
HASIL PLAGIASI PENGEMBANGAN MEDIA EDUGRAFIS RISEARCH AND DEVELOPMENT DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PASCA PANDEMI COVID 19.pdf - Supplemental Material

Download (665kB)

Abstract

ebijakan pemerintah dalam mengurangi sebaran penyakit covid 19, menjadikan sistem pembelajaran di sekolah menggunakan jarak jauh. Berdasarkan hasil observasi terdapat kendala media yang digunakan kurang menarik minat belajar, sehingga perlu sebuah inovasi agar pembelajaran maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran berbasis edugrafis untuk mengetahui efektifitas dalam pembelajaran. Pengembangan dilakukan dengan mengacu model 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminase. Penelitian ini hanya pada sampai pada tahap Develop. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa sejumlah 84 dengan rincian, 10 siswa untuk uji kelompok kecil dan 74 siswa untuk uji kelompok besar. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner, tes dan lembar observasi dengan metode pembelajaran PBL. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama tiga kali pertemuan menujukan adanya respon siswa dengan rerata 3.78 dan hasil belajar dari aspek kognitif sebesar 87, 08. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor terdapat rerata 78, 50 dan 87, 08. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran media pembelajaran edugrafis efektif digunakan

Item Type: Article
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Depositing User: Nur Mahmudah
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:59
Last Modified: 27 Dec 2023 01:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Anggraini, Fetrika
NIDN0718038803
Author
Mahmudah, Nur
NIDN0715039201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4768

Actions (login required)

View Item
View Item