Sahri, Sahri and Aziz, Su'udin (2023) The Role Of Islamic Education Teachers In Increasing Social Awareness And Environmental Awareness In The Young Generation. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 8 (4). ISSN 2541-2051; e-ISSN: 2541-3961
The Role Of Islamic Education Teachers In Increasing Social Awareness.pdf
Download (621kB)
cek turnitin The Role of Islamic Education Teachers.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan artikel ini membahas peran penting guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kesadaran sosial dan kepedulian lingkungan pada generasi muda. Pendidikan agama Islam memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan moral siswa, termasuk kesadaran terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Guru Pendidikan agama Islam memiliki tanggung jawab untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan isu-isu sosial dan lingkungan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah adanya nilai-nilai Islam yang mencakup etika dan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan. Guru juga diharapkan menjadi contoh teladan dalam mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Melalui strategi pengajaran yang kreatif dan interaktif, guru dapat membantu siswa memahami pentingnya Volume 8, Nomor 4, Oktober 2023, AL-WIJDÁN 491 kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan serta bagaimana peran mereka sebagai agen perubahan positif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Pendidikan Islam, Sosial, Kepedulian Lingkungan |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 03:10 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 03:10 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Sahri, Sahri NIDN0730129003 Author Aziz, Su'udin NIDN2121128602 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4732 |