EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA SDN DESA TRATE KECAMATAN SUGIHWARAS-BOJONEGORO

Attasiyah, Zahroh (2009) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA SDN DESA TRATE KECAMATAN SUGIHWARAS-BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, STAI Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 2009_ZAHROH ATTASIYAH.pdf] Text
2009_ZAHROH ATTASIYAH.pdf

Download (14MB)

Abstract

Secara spesifik, pendidikan Agama Islam di sekolah merupakan usaha untuk membentuk siswa kepada kesalehan pribadi dan kesalehan sosial. Artinya, pendidikan agama diharapkan jangan sampai: Pertama, membunuhkan semangat fanatisme. Kedua, mampu menumbuhkan sikap toleransi di kalangan peserta didik dan masyarakat Indonesia. Ketiga, memperkuat kerukunan hidup beragama dan kesatuan nasional. Untuk mencapai semua itu, tentulah tidak mungkin terjadi dengan sendirinya, melainkan dibutuhkan suatu institusi pendidikan. Institusi yang dimaksud salah satunya adalah sekolah, dengan segala perencanaannya serta selalu terikat pada tujuan (goal-based). Karenanya, Jasa Unggul Muliawan dalam "Pendidikan Islam Integralif" mengemukakan bahwa: berpijak dari tujuan, maka segala kegiatan interaksi, metode pembelajaran, kondisi pembelajaran harus direncanakan selalu mengacu pada tujuan pembelajaran, sebab inilah yang akan memberikan standar, arahan, batas ruang, dan keberhasilan atas kegiatan yang dilakukan. Adapun ruang lingkup permasalahannya adalah terbatas pada efektivitas penggunaan metode pembelajaran ekspositori terhadap Peningkatan Minat Belajar PAI di SDN Cesa Trate, Kecamatan Subrihwaras, Kabupaten Bojonegoro, dengan menggunakan metode library (kajian perpustakaan) dan field (kajian lapangan). Adapun untuk penelitian lapangan ini, populasinya adalah sejumlah siswa SDN Trate Kecamatan Sugihwaras yang berjumlah 94 siswa, dan sampelnya adalah 20 siswa. Setelah dilakukan penelitian dan analisis statistik korelasi Product Moment, maka hasilnya adalah pada taraf signifikansi, yaitu r = 0,620. Sedangkan taraf signifikansi menurut ketentuan tabel statistik korelasi Product Moment dengan responden sebanyak 50 adalah: 1% = 0,361 dan 5% = 0,279. Dengan demikian, dapat terlihat bahwa terdapat pengaruh yang tinggi antara variabel x dan variabel y. Dengan demikian, maka Efektivitas Metode Pembelajaran Ekspositori cukup efektif dalam meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa SDN Trate, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:50
Last Modified: 10 Oct 2023 06:50
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
NIDN2110027101
Thesis advisor
Affandi, Chaffidz
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4674

Actions (login required)

View Item
View Item