IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Isroani, Farida and Rahmawati, Ulva Badi’ and KHUMAINI, FAHMI and Nisa', Ida Fauziatun (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Attaqwa:JurnalIlmuPendidikan Islam.

[thumbnail of 231-Article Text-1180-1-10-20230127 (1).pdf] Text
231-Article Text-1180-1-10-20230127 (1).pdf - Published Version

Download (295kB)
[thumbnail of IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (2).pdf] Text
IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran aktif merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Strategi Index Card Match merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan aktif, sehingga dapat diterapkan kepada seluruh siswa dan menumbuhkan ide dan kreativitas baru tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang jauh lebih baik dan lebih kondusif bagi siswa serta mendukung mereka dalam proses pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah proses belajar peserta didik masih kurang aktif, yang proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah atau direct learning yang berpusat pada pendidik. Oleh karena itu, menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan kreativitas siswa masih rendah serta berdampak pada aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan kualitatif berupa penelitian deskriptif. Jenis penelitian tesis ini meliputi penelitian lapangan, yaitu mendeskripsikan dan mendeskripsikan situasi dan fenomena dengan lebih jelas mengenai situasi yang terjadi. Analisis data dapat dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahmi Khumaini
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:35
Last Modified: 09 Oct 2023 06:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Isroani, Farida
NIDN0710028903
Author
Badi’ Rahmawati, Ulva
NIDN2108088801
Author
Khumaini, Fahmi
NIDN2104099007
Author
Fauziatun Nisa', Ida
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4667

Actions (login required)

View Item
View Item