Isroani, Farida and Rahmawati, Ulva Badi’ and KHUMAINI, FAHMI and Nisa', Ida Fauziatun (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Attaqwa:JurnalIlmuPendidikan Islam.
231-Article Text-1180-1-10-20230127 (1).pdf - Published Version
Download (295kB)
IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (2).pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran aktif merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Strategi Index Card Match merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan aktif, sehingga dapat diterapkan kepada seluruh siswa dan menumbuhkan ide dan kreativitas baru tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang jauh lebih baik dan lebih kondusif bagi siswa serta mendukung mereka dalam proses pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah proses belajar peserta didik masih kurang aktif, yang proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah atau direct learning yang berpusat pada pendidik. Oleh karena itu, menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan kreativitas siswa masih rendah serta berdampak pada aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan kualitatif berupa penelitian deskriptif. Jenis penelitian tesis ini meliputi penelitian lapangan, yaitu mendeskripsikan dan mendeskripsikan situasi dan fenomena dengan lebih jelas mengenai situasi yang terjadi. Analisis data dapat dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahmi Khumaini |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 06:35 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 06:35 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Isroani, Farida NIDN0710028903 Author Badi’ Rahmawati, Ulva NIDN2108088801 Author Khumaini, Fahmi NIDN2104099007 Author Fauziatun Nisa', Ida UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4667 |