KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM: KURIKULUM DAN PENDEKATAN HUMANISTIK DI ERA DIGITAL

KHUMAINI, FAHMI and Isroani, Farida and Ni'mah, Roudlotun and Khoiria Ningrum, Ifa and Thohari, Hamam (2022) KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM: KURIKULUM DAN PENDEKATAN HUMANISTIK DI ERA DIGITAL. Risalah; Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.

[thumbnail of 17+Fahmi+Khumaeni+680-692+okk.pdf] Text
17+Fahmi+Khumaeni+680-692+okk.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM_ KURIKULUM DAN PENDEKATAN HUMANISTIK DI ERA DIGITAL.pdf] Text
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM_ KURIKULUM DAN PENDEKATAN HUMANISTIK DI ERA DIGITAL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kebijakan kurikulum pendidikan Islam berdasarkan pendekatan kurikulum dan humanistik yang terjadi pada era digital sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan pendidikan Islam jika ditelaah secara kritis adalah berusaha untuk menciptakan kebahagiaan di dunia dan di akhirat, melayani kebutuhan umat Islam, menjaga keutuhan umat Islam dan menanamkan moralitas dan sebagainya. Jelas bahwa rumusan tujuan pendidikan Islam masih bersifat umum dan tidak sesuai dengan realitas masyarakat dan perkembangan zaman. Di era globalisasi saat ini, tujuan pendidikan harus direorientasi. Memperjelas orientasi ini tidak berarti menghilangkan semangat tujuan pendidikan Islam yang semula diidealkan. Untuk itu, tujuan pendidikan dan kurikulum harus diarahkan menjadi satu kesatuan yang utuh untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan. Bagian penting dari sistem kurikulum adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi.

Item Type: Article
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahmi Khumaini
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:30
Last Modified: 09 Oct 2023 06:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Khumaini, Fahmi
NIDN2104099007
UNSPECIFIED
Isroani, Farida
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Ni'mah, Roudlotun
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Khoiria Ningrum, Ifa
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Thohari, Hamam
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4664

Actions (login required)

View Item
View Item