KHUMAINI, FAHMI and Isroani, Farida and Ni'mah, Roudlotun and Khoiria Ningrum, Ifa and Thohari, Hamam (2022) KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM: KURIKULUM DAN PENDEKATAN HUMANISTIK DI ERA DIGITAL. Risalah; Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.
17+Fahmi+Khumaeni+680-692+okk.pdf
Download (321kB)
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM_ KURIKULUM DAN PENDEKATAN HUMANISTIK DI ERA DIGITAL.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kebijakan kurikulum pendidikan Islam berdasarkan pendekatan kurikulum dan humanistik yang terjadi pada era digital sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan pendidikan Islam jika ditelaah secara kritis adalah berusaha untuk menciptakan kebahagiaan di dunia dan di akhirat, melayani kebutuhan umat Islam, menjaga keutuhan umat Islam dan menanamkan moralitas dan sebagainya. Jelas bahwa rumusan tujuan pendidikan Islam masih bersifat umum dan tidak sesuai dengan realitas masyarakat dan perkembangan zaman. Di era globalisasi saat ini, tujuan pendidikan harus direorientasi. Memperjelas orientasi ini tidak berarti menghilangkan semangat tujuan pendidikan Islam yang semula diidealkan. Untuk itu, tujuan pendidikan dan kurikulum harus diarahkan menjadi satu kesatuan yang utuh untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan. Bagian penting dari sistem kurikulum adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahmi Khumaini |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 06:30 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 06:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Khumaini, Fahmi NIDN2104099007 UNSPECIFIED Isroani, Farida UNSPECIFIED UNSPECIFIED Ni'mah, Roudlotun UNSPECIFIED UNSPECIFIED Khoiria Ningrum, Ifa UNSPECIFIED UNSPECIFIED Thohari, Hamam UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4664 |