PENGARUH KEGIATAN EKSTRA KURIKULER MEMBACA ALQURAN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA-SISWI DI MTS WALISONGO SUGIHWARAS DI MASA PANDEMI COVID-19

PURWANTO, ANDRI (2020) PENGARUH KEGIATAN EKSTRA KURIKULER MEMBACA ALQURAN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA-SISWI DI MTS WALISONGO SUGIHWARAS DI MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy

Abstract

Seluruh Negara di berbagai belahan dunia telah diresahkan dengan keberadaan covid-19, karena jenis virus yang konon sangat membahayakan ini akhirnya banyak elemen masyarakat dirugikan didalam berbagai hal. Diantaranya telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni, dan bahkan yang paling terkena imbas adalah dunia pendidikan. Meskipun begitu, Kegiatan pembelajaran harus tetap dilaksanakan ditengahtengah krisis yang tidak bertepi ini. Meski harus dilaksanakan didalam rumah yaitu dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau Daring. Agar keadaan krisis ini tidak berdampak pada pengetahuan/ keilmuan anak-anak generasi bangsa. Permasalahan peneliti di rumuskan sebagai berikut; a). Bagaimana Kegiatan Ekstra Kurikuler Membaca Al Qur’an, b). Bagaimana pelaksanaan Ekstra Kurikuler Membaca Al Qur’an di MTS Walisongo, Sugihwaras di masa pandemi covid-19, dan terakhir terkait c). Bagaimana Pengaruh kegiatan Ekstra Kurikuler Membaca Al-Qur’an Terhadap Minat Belajar Siswa-Siswi di Madrasah Tsanawiyah Walisongo Sugihwaras di masa pandemi covid-19. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah ; Untuk mengetahui kemampuan Membaca Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Walisongo Sugihwaras, b). Untuk mengetahui hasil belajar Membaca Al-Quran Madrasah Tsanawiyah Walisongo, Sugihwaras di masa pandemi covid-19, c). Untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Ekstra Kurikuler terhadap minat dan hasil belajar siswa-siswi di Madrasah Tsanawiyah Walisongo Sugihwaras. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; 1) Observasi, 2), Dokumentasi 3) Angkaet, Sebagai bagian dari angket 36 siswa menjadi sampel dari populasi sebanyak 223 siswa dari kelas VII sampai dengan kelas IX Madrasah Tsanawiyah Walisongo Sugihwaras Bojonegoro. Selanjutnya untuk mengetauhi pengaruh Kegiatan ekstrakurikuler Membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa Madrasah Tsanawiyah Walisongo menggunakan metode analisis statistic Presentase Rumus. Dan dari hasil rumusan tersebut, maka di ketauhi bahwa Presentase (P) adalah frekuensi siswa-siswi yang sangat sering mengikuti/aktif (34) dibagi Sampel (36) yang menghasilkan 94%. Dengan melihat taraf banyaknya hasil belajar siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Membaca Al-Qur’an, Hasil, Covid-19
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:26
Last Modified: 18 Feb 2022 03:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
IZZA, YOGI PRANA
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item
View Item