KEEFEKTIFAN TENIK SIMULATION GAME DENGAN MEDIA TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMA PGRI NGAMBON

Rahayu, Putri (2023) KEEFEKTIFAN TENIK SIMULATION GAME DENGAN MEDIA TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMA PGRI NGAMBON. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang, karena dengan keterampilan komunikasi interpersonal maka seseorang akan mampu menyampaikan pesan kepada orang lain dan dapat menjalin hubungan dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari komunikasi interpersonal siswa SMA PGRI Ngambon. Partisipan penelitian ini adalah siswa di SMA PGRI Ngambon dengan julmah populasi 270. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dalam metode eksperimen peneliti mengambil jenis Pre-Eksperimental Designs dengan One=Group Pretest-Postest Design yang artinya melihat perbandingan sebelum dan sesudah diberikan treatment/perlakuan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen yang artinya dalam metode ini mengidentifikasi atau menunjukan suatu pengujian (tes). 3.
Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran dari komunikasi interpersonla siswa di SMA PGRI Ngambon yaitu Berdasarkan uji pre-test hanya mencapai hasil rata-rata nilai kelas 59% berada pada kategori rendah. Komunikasi interpersonal siswa di SMA PGRI Ngambon sesudah dilaksanakan permainan simulasi dalam layanan bimbingan kelompok Berdasarkan uji pre-test setelah diberikan treatment rata-rata persentase peningkatan pada 10 siswa tersebut adalah 84% berada pada kategori tinggi.
Hasil uji paired t-test dapat dijelaskan sebagai berikut: Tingkat signifikan dari uji ini adalah sebesar 5%. Dasar pengambilan keputusan terhadap hipotesis yang dilakukan adalah jika nilai sig 2 (tailed) < 0,05 maka ho di tolak dan Ha diterima begitu sebaliknya. nilai sig 2 (tailed) adalah sebesar 0,031 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka ho ditolak dan ha diterima. Jadi, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi game efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa di SMA PGRI Ngambon.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal, Simulasi game, Bimbingan kelompok
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Putri Rahayu
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:49
Last Modified: 25 Sep 2023 08:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
NIDN0711118702
Thesis advisor
Srianturi, Yanuari
NIDN070703882
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item
View Item