Rahayu, Putri (2023) KEEFEKTIFAN TENIK SIMULATION GAME DENGAN MEDIA TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMA PGRI NGAMBON. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (65kB)
AWALAN.pdf
Download (572kB)
BAB I.pdf
Download (339kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (340kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (258kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (320kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Komunikasi interpersonal merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang, karena dengan keterampilan komunikasi interpersonal maka seseorang akan mampu menyampaikan pesan kepada orang lain dan dapat menjalin hubungan dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari komunikasi interpersonal siswa SMA PGRI Ngambon. Partisipan penelitian ini adalah siswa di SMA PGRI Ngambon dengan julmah populasi 270. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dalam metode eksperimen peneliti mengambil jenis Pre-Eksperimental Designs dengan One=Group Pretest-Postest Design yang artinya melihat perbandingan sebelum dan sesudah diberikan treatment/perlakuan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen yang artinya dalam metode ini mengidentifikasi atau menunjukan suatu pengujian (tes). 3.
Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran dari komunikasi interpersonla siswa di SMA PGRI Ngambon yaitu Berdasarkan uji pre-test hanya mencapai hasil rata-rata nilai kelas 59% berada pada kategori rendah. Komunikasi interpersonal siswa di SMA PGRI Ngambon sesudah dilaksanakan permainan simulasi dalam layanan bimbingan kelompok Berdasarkan uji pre-test setelah diberikan treatment rata-rata persentase peningkatan pada 10 siswa tersebut adalah 84% berada pada kategori tinggi.
Hasil uji paired t-test dapat dijelaskan sebagai berikut: Tingkat signifikan dari uji ini adalah sebesar 5%. Dasar pengambilan keputusan terhadap hipotesis yang dilakukan adalah jika nilai sig 2 (tailed) < 0,05 maka ho di tolak dan Ha diterima begitu sebaliknya. nilai sig 2 (tailed) adalah sebesar 0,031 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka ho ditolak dan ha diterima. Jadi, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi game efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa di SMA PGRI Ngambon.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi interpersonal, Simulasi game, Bimbingan kelompok |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Putri Rahayu |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 08:49 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 08:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Novitasari, Zeti NIDN0711118702 Thesis advisor Srianturi, Yanuari NIDN070703882 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4628 |