PENGARUH PENGGUNAAN GAME MOBILE LEGEND TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH (MA) ISLAMIYAH SENORI TUBAN

ROFI’I, AHMAD IMAM (2020) PENGARUH PENGGUNAAN GAME MOBILE LEGEND TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH (MA) ISLAMIYAH SENORI TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh game online dimasa sekarang begitu populer di berbagai kalangan, salah satunya populer diantara anak sekolah. Dampak negatif yang akan muncul ketika terlalu berlebihan memainkannya maka mengakibatkan anak mengalami penurunan prestasi, mengalami masalah dengan kepribadiannya, menderita penyakit, dan bahkan terjerumus untuk melakukan tindak kriminal, lupa waktu untuk makan,beribadah, waktu untuk pulang, dengan terlalu sering berhadapan dengan monitor secara mata telanjang dapat membuat mata menjadi minus, seorang anak jadi berbohong kepada orang tuanya karena pada awalnya berpamitan untuk berangkat sekolah ternyata dia bolos sekolah untuk bermain game online. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh Game Mobile legend di MA Islamiyah Senori; (2) mengetahui minat belajar siswa di MA Islamiyah Senori; (3) mengetahui pengaruh Game Mobile legend terhadap minat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi data pada penelitian ini adalah siswa IPS MA Islamiyah Senori Tuban dengan teknik purposive sampling sejumlah 32 siswa pengguna game online Mobile legend. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik korelasi pearson product moment karena untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan game online Mobile legend dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengguna game mobile legend pada siswa di MA itu berjumlah 32 siswa yang didapat dari teknik pengumpulan data purposive sampling atau menentukan responden yang akan di teliti; (2) minat belajar mata pelajaran aqidah ahlak di MA Islamiyah ini bisa di katagorikan rendah, dikarenakan anak di sekolah ini lebih suka main game dari pada belajar aqidah ahlak; (3) dinyatakan bahwa pada taraf signifikansi 5% ro > rt = 0,788 >0,349. Sedangkan dalam tarif 1% ro > rt = 0,788 > 0,449. Hipotetis alternative (Ha) yang penulis ajukan dapat diterima dan hipotetis nihil (Ho) ditolak. Jadi terdapat adanya pengaruh penggunaan game mobile legend terhadap minat belajar mata pelajaran aqidah ahlak siswa MA Islamiyah Senori.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: pengaruh, game online, minat belajar, akidah akhlak.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:56
Last Modified: 02 Feb 2022 07:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item
View Item