ROFI’I, AHMAD IMAM (2020) PENGARUH PENGGUNAAN GAME MOBILE LEGEND TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH (MA) ISLAMIYAH SENORI TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (166kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (604kB)
BAB 1.pdf
Download (200kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (617kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (12kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (651kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas pengaruh game online dimasa sekarang begitu populer di berbagai kalangan, salah satunya populer diantara anak sekolah. Dampak negatif yang akan muncul ketika terlalu berlebihan memainkannya maka mengakibatkan anak mengalami penurunan prestasi, mengalami masalah dengan kepribadiannya, menderita penyakit, dan bahkan terjerumus untuk melakukan tindak kriminal, lupa waktu untuk makan,beribadah, waktu untuk pulang, dengan terlalu sering berhadapan dengan monitor secara mata telanjang dapat membuat mata menjadi minus, seorang anak jadi berbohong kepada orang tuanya karena pada awalnya berpamitan untuk berangkat sekolah ternyata dia bolos sekolah untuk bermain game online. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh Game Mobile legend di MA Islamiyah Senori; (2) mengetahui minat belajar siswa di MA Islamiyah Senori; (3) mengetahui pengaruh Game Mobile legend terhadap minat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi data pada penelitian ini adalah siswa IPS MA Islamiyah Senori Tuban dengan teknik purposive sampling sejumlah 32 siswa pengguna game online Mobile legend. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik korelasi pearson product moment karena untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan game online Mobile legend dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengguna game mobile legend pada siswa di MA itu berjumlah 32 siswa yang didapat dari teknik pengumpulan data purposive sampling atau menentukan responden yang akan di teliti; (2) minat belajar mata pelajaran aqidah ahlak di MA Islamiyah ini bisa di katagorikan rendah, dikarenakan anak di sekolah ini lebih suka main game dari pada belajar aqidah ahlak; (3) dinyatakan bahwa pada taraf signifikansi 5% ro > rt = 0,788 >0,349. Sedangkan dalam tarif 1% ro > rt = 0,788 > 0,449. Hipotetis alternative (Ha) yang penulis ajukan dapat diterima dan hipotetis nihil (Ho) ditolak. Jadi terdapat adanya pengaruh penggunaan game mobile legend terhadap minat belajar mata pelajaran aqidah ahlak siswa MA Islamiyah Senori.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, game online, minat belajar, akidah akhlak. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:56 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/455 |