PENERAPAN SEKOLAH ALAM DALAM MEMBANGUN RELIGIUSITAS SISWA DI PONDOK SERIBUDUA ENGLISH COURSE GUNUNGANYAR SOKO TUBAN

MUNANDAR, AHMAD AAN HARIS (2020) PENERAPAN SEKOLAH ALAM DALAM MEMBANGUN RELIGIUSITAS SISWA DI PONDOK SERIBUDUA ENGLISH COURSE GUNUNGANYAR SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah alam adalah sekolah yang tidak menggunakan bangunan berdinding sebagai tempat belajar, melainkan menggunakan alam terbuka sebagai tempat belajar.Sekolah alam menggunakan metode patut dalam memilih model pembelajaran.Artinya metode apapun yang sesuai dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran Sekolah Alam Dalam Membangun Religiusitas Siswa di Pondok Seribudua English Course Gununanyar Soko-Tuban, dengan sub focus mencakup: (1) Persepsi dan pemahaman guru tentang sekolah alam, (2) aplikasi konsep sekolah alam seribudua english course gununganyar soko-tuban dalam upaya membangun religiusitas siswa, (3) faktor penghambat aplikasi konsep sekolah alam seribudua english course gununganyar soko-tuban dalam membangun religiusitas siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi sekolah alamdan religiusitas.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan mengguanakan sumber ,teori, dan metode, dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu direktur, kepala-kepala divisi,siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persepsi dan pemahaman guru tentang sekolah alam, (2) aplikasi konsep sekolah alam seribudua english course gununganyar soko-tuban meliputi data aplikasi, data kerangka aplikasi, dan pelaksanaan model pembelajaran sekolah alam, (3) faktor penghambat aplikasi konsep sekolah alam seribudua english course gununganyar soko-tuban dalam membangun religiusitas siswa meliputi faktor alam dan recruitment guru minim.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Sekolah Alam, Religiusitas, Guru
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:21
Last Modified: 02 Feb 2022 03:21
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Iza, Yogi Prana
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item
View Item