MUNANDAR, AHMAD AAN HARIS (2020) PENERAPAN SEKOLAH ALAM DALAM MEMBANGUN RELIGIUSITAS SISWA DI PONDOK SERIBUDUA ENGLISH COURSE GUNUNGANYAR SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (105kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (649kB)
BAB 1.pdf
Download (155kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (326kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (159kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Sekolah alam adalah sekolah yang tidak menggunakan bangunan berdinding sebagai tempat belajar, melainkan menggunakan alam terbuka sebagai tempat belajar.Sekolah alam menggunakan metode patut dalam memilih model pembelajaran.Artinya metode apapun yang sesuai dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran Sekolah Alam Dalam Membangun Religiusitas Siswa di Pondok Seribudua English Course Gununanyar Soko-Tuban, dengan sub focus mencakup: (1) Persepsi dan pemahaman guru tentang sekolah alam, (2) aplikasi konsep sekolah alam seribudua english course gununganyar soko-tuban dalam upaya membangun religiusitas siswa, (3) faktor penghambat aplikasi konsep sekolah alam seribudua english course gununganyar soko-tuban dalam membangun religiusitas siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi sekolah alamdan religiusitas.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan mengguanakan sumber ,teori, dan metode, dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu direktur, kepala-kepala divisi,siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persepsi dan pemahaman guru tentang sekolah alam, (2) aplikasi konsep sekolah alam seribudua english course gununganyar soko-tuban meliputi data aplikasi, data kerangka aplikasi, dan pelaksanaan model pembelajaran sekolah alam, (3) faktor penghambat aplikasi konsep sekolah alam seribudua english course gununganyar soko-tuban dalam membangun religiusitas siswa meliputi faktor alam dan recruitment guru minim.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Alam, Religiusitas, Guru |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 03:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 03:21 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Iza, Yogi Prana UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/451 |