EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN TATACARA BERWUDHU PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 2 DI SLB TUTWURIHANDAYANI KEC. KAPAS KAB. BOJONEGORO

YAHYA, AGUS MUZAED ALEX (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN TATACARA BERWUDHU PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 2 DI SLB TUTWURIHANDAYANI KEC. KAPAS KAB. BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (808kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan dalam tatacara berwudhu sangatlah penting, bagi anak tunagrahita ringan, karena melalui tatacara berwudhu anak tunagrahita dapat melakukan rukun wudhu dengan tertib, mayoritas kemampuan tatacara berwudhu anak tuna grahita ringan masih rendah. Rendahnya kemampuan tatacara berwudhu anak tunagrahita ringan di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti dampak ketunagrahitaan, lingkungan kelas dan model pembelajaran yang di gunakan. Berdasarkan hal tersebut, anak tuna grahita membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mereka. Model pembelajaran dengan menggunakan media video tutorial di pandang sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita ringan karena di dalam langkah pembelajaranya dan kebutuhan pembelajaran karena di dalam langkah pembelajaranya terdapat pembelajaran secara langsung melalui media video tutorial dan juga gambar visualisasi dari setiap kata-kata dalam video. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas media video tutorial dalam oembelajaran tatacara berwudhu anak tuna grahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre eksperimen dan rancangan penelitian one group pretes postes design. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 orang. Lokasi penelitian yaitu di SLB tutwuri handayani kapas. Teknik analisis data statistik non parametrik menggunukan rumus uji wilcoxon macht pairs test. Berdasarkan hasil analisis data, di ketahui Z hitung (2,205) lebih besar dari pada nilai Z tabel dengan nilai kritis 5% = 1,96 sehingga hipotesis nihil (Ho) di tolah dan hipotesis kerja (Ha) di terima dan hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajran video tutorial penggaruh secara signifika

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:06
Last Modified: 02 Feb 2022 03:06
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Anisah, Giati
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item
View Item