YAHYA, AGUS MUZAED ALEX (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN TATACARA BERWUDHU PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 2 DI SLB TUTWURIHANDAYANI KEC. KAPAS KAB. BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (162kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (808kB)
BAB 1.pdf
Download (282kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (603kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (480kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (180kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (829kB) | Request a copy
Abstract
Kemampuan dalam tatacara berwudhu sangatlah penting, bagi anak tunagrahita ringan, karena melalui tatacara berwudhu anak tunagrahita dapat melakukan rukun wudhu dengan tertib, mayoritas kemampuan tatacara berwudhu anak tuna grahita ringan masih rendah. Rendahnya kemampuan tatacara berwudhu anak tunagrahita ringan di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti dampak ketunagrahitaan, lingkungan kelas dan model pembelajaran yang di gunakan. Berdasarkan hal tersebut, anak tuna grahita membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mereka. Model pembelajaran dengan menggunakan media video tutorial di pandang sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita ringan karena di dalam langkah pembelajaranya dan kebutuhan pembelajaran karena di dalam langkah pembelajaranya terdapat pembelajaran secara langsung melalui media video tutorial dan juga gambar visualisasi dari setiap kata-kata dalam video. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas media video tutorial dalam oembelajaran tatacara berwudhu anak tuna grahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre eksperimen dan rancangan penelitian one group pretes postes design. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 orang. Lokasi penelitian yaitu di SLB tutwuri handayani kapas. Teknik analisis data statistik non parametrik menggunukan rumus uji wilcoxon macht pairs test. Berdasarkan hasil analisis data, di ketahui Z hitung (2,205) lebih besar dari pada nilai Z tabel dengan nilai kritis 5% = 1,96 sehingga hipotesis nihil (Ho) di tolah dan hipotesis kerja (Ha) di terima dan hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajran video tutorial penggaruh secara signifika
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 03:06 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 03:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Anisah, Giati UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/450 |