THE EFFECT OF LISTEN-READ-DISCUSS (LRD) STRATEGY TO THE STUDENTS SENIOR HIGH SCHOOL READING COMPREHENSION

KUNCORO, CUCUK AGUS (2023) THE EFFECT OF LISTEN-READ-DISCUSS (LRD) STRATEGY TO THE STUDENTS SENIOR HIGH SCHOOL READING COMPREHENSION. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of AWALAN..pdf] Text
AWALAN..pdf

Download (632kB)
[thumbnail of CHAPTER I.pdf] Text
CHAPTER I.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of CHAPTER II.pdf] Text
CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of CHAPTER III.pdf] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of CHAPTER IV.pdf] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of CHAPTER V.pdf] Text
CHAPTER V.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of REFERENCE.pdf] Text
REFERENCE.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of APPENDICES.pdf] Text
APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses mengajar membaca dengan menggunakan strategi Mendengar-Membaca-Diskusi dan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Mendengar-Membaca-Diskusi terhadap pemahaman membaca siswa dari siswa kelas sebelas SMA I Nurul Ulum. Penelitian ini menggunakan bentuk model kuasi-experimental. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas sebelas SMA I Nurul Ulum Gayam. Sampel seluruhnya adalah 30 siswa. Peneliti menggunakan tekhnik sampel keseluruhan pada penelitian ini. Artinya bahwa sampel di kelas itu diambil semua. Peneliti memiih metode ini karena peneliti ingin mengetahui pengaruh dari penggunaan stategi Mendengar-Membaca-Diskusi untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Pernyataan masalahnya adalah: “Bagaimana cara mengajar membaca dengan menggunakan strategi Mendengar-Membaca-Diskusi” dan “Bagaimana pengaruh dari penggunaan strategi Mendengar-Membaca-Diskusi terhadap pemahaman membaca siswa”. Untuk menjawab pernyataan masalah, yang terkait dengan tujuan penelitian, peneliti menerapkan metode campuran (metode kualitatif dan kuantitatif). Instrument penelitian adalah observasi dan tes dengan menggunakan pre-tes dan post-tes. Pengumpulan data melalui kualitatif observasi dengan mengamati guru bahasa inggris dengan menggunakan catatan lapangan dan kuantitatif menggunakan pre-tes dan post-test dimana yang pertama ditabulasi dan dianalisis dengan program spss versi 29.0. Hasil dari observasi mengindikasikan bahwa proses mengajar membaca menggunakan strategi Mendengar-Membaca-Diskusi dibagi menjadi 3 step. Untuk mengetahui hasil nilai siswa adalah dari nilai post-test independent t-test. Hasil dari data tersebut mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan antara nilai post-test siswa dari grup eksperimen dan grup kontrol. Rata rata nilai post-test dari grup eksperimen adalah 76.67 dan rata rata nilai post-test dari grup pembanding adalah 63.33. Besarnya perbedaan rata rata adalah 13.00. Nilai post-test independent dari signifikan (2-tailed) lebih rendah daripada 0.05 atau 0.001 < 0.05. Dari statistik ukuran efek dengan eta squared, peneliti menemukan nilai dari eta squared adalah (0.59). Nilai yang diperoleh dari eta squared menunjukan dampak ukuran yang sangat besar. Berdasarkan temuan dan pembahasan pada penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa strategi Mendengar-Membaca-Diskusi mempunyai pengaruh signifikan yang tinggi untuk pemahaman membaca siswa SMA I Nurul Ulum Gayam.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: LISTEN-READ-DISCUSS (LRD), READING COMPREHENSION
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 425 Tata bahasa bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Cucuk Agus Kuncoro
Date Deposited: 21 Sep 2023 05:19
Last Modified: 21 Sep 2023 05:19
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FATONI, MOHAMMAD
NIDN0710038503
Thesis advisor
ZUMRUDIANA, AINU
NIDN0722128605
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4496

Actions (login required)

View Item
View Item