SRIHIDAYATI, ENI DWI (2020) BOMBIG SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SENI DI TK DHARMAWANITA KEDUNGPENGARON KECAMATAN MODO KABUPATEN LAMONGAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (65kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (490kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (299kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (280kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Undang–undang Republik Indonesia No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 28 ayat 1 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini diselenggarakan bagi anak sejak lahir sampai dengan enam tahun. Ruang lingkup kurikulum TK meliputi 6 aspek perkembangan, salah satu bidang pengembangannya yang diajarkan di TK adalah bidang pengembangan seni/kreatifitas. Oleh karena itu penting untuk mengembangkan aspek perkembangan seni/kreatifitas anak sejak dini agar berkembang secara optimal. Penggunaan media pengembangan keterampilan dalam proses pembelajaran sangat diperlukan agar hasil yang dicapai lebih maksimal juga tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan Bombig sebagai media pengembangan melatih keterampilan seni/kreatifitas anak dan mendeskripsikan hasil belajar anak dalam penerapan Manik Bombik sebagai media pengembangan keterampilan seni/kreatifitas di TK Dharmawanita Kedungpengaron Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi pasif, dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dimana menggambarkan keadaan perkembangan kognitif di TK Dharmawanita Kedungpengaron Kecamatan Modo kabupaten Lamongan, dari keseluruhan proses analisis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan hasil belajar dengan bukti adanya perolehan perhitungan keberhasilan sebesar 35% pada siklus I pertemuan pertama, meningkat pada keberhasilan sebesar 50% pada siklus I pertemuan kedua, 65% pada siklus II pertemuan pertama, dan pada siklus II pertemuan kedua meningkat dengan perolehan persetase sebesar 85%. Hasil yang diperoleh pada tiap kegiatan pada siklus I dan siklus II dinyatakan bahwa anak memiliki ciri-ciri kepribadian yang kreatif. Karena anak mampu terbuka terhadap pengalaman baru, fleksibel dalam berpikir dan merespon, tetarik pada kegiatan yang kreatif dan mampu menyatakan pendapat dan perasaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bombig, Media, Keterampilan |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 06:13 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 06:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FIKRI, MOHAMMAD TSAQIBUL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/433 |