PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MI BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAMONGAN

PUSPITASARI, MAHARANI EKA (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MI BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAMONGAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran dijenjang pendidikan dasar sampai menengah. Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas maka, proses pembelajarannya juga harus berkualitas. Proses belajar matematika dapat juga dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, seperti ketika peserta didik menjumpai kotak kapur yang bentuknya menyerupai kubus, lemari menyerupai balok, papan tulis menyerupai persegi panjang dan masih banyak lagi yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul berbasis kearifan lokal budaya Lamongan yang berkaitan dengan materi bangun datar dan bangun ruang yang terintegrasi dengan mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah serta untuk mengetahui hasil yang didapatkan dalam pengembangan modul berbasis kearifan lokal budaya Lamongan. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD). Adapun Teknik pengumpulan datanya adalah validasi, observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian sumber datanya adalah observasi dan wawancara dengan Guru MI Islamiyah Sumberjo Pucuk Lamongan dan Siswa MI kelas V. Sedangkan untuk instrumen penelitiannya menggunaan validasi, observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil sebagai berikut : Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika MI Berbasis Kearifan Lokal Lamongan dapat membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar dan Bangun Ruang kelas V MI Islamiyah Sumberjo Pucuk Lamongan. Kata kunci: Modul Pembelajaran, Kearifan lokal, Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Kearifan lokal, Matematika
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maharani Eka Puspitasari
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:12
Last Modified: 18 Sep 2023 06:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AMRETA, MIDYA YULI
NIDN2130079101
Thesis advisor
SA'DIYAH, ZUMROTUS
NIDN2108089102
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4319

Actions (login required)

View Item
View Item