SITUMORANG, ADINDA RIAMA CAHYA (2020) PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJAARAN AQIDAH AKHLAK PENGURUS OSIS MAN 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (148kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (561kB)
BAB 1.pdf
Download (296kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (634kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (182kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (885kB) | Request a copy
Abstract
Aktivitas berorganisasi intra sekolah merupakan kegiatan yang dilakukan siswa dalam masa sekolah menengah. Organisasi tersebut diperlukan oleh siswa sebagai wadah untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan yang dimiliki. Tidak dapat di pungkiri banyak manfaat yang diperoleh ketika mengikuti organisasi siswa intra sekolah antaranya : membina sikap atau karakter disiplin, tanggung jawab, percaya diri, menambah wawasan, melatih berkomunikasi didepan umum yang mana manfaat dengan mengikuti organisasi tersebut dapat dijadikan bekal untuk meningkatakan prestasi belajar ketika di kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pengurus OSIS Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro ?”penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan ada tidaknya pengaruh keaktifan berorganisasi siswa intra sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlaq pengurus OSIS Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro Penelitian ini dilakukan terhadap 41 siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro. Dengan menggunakan metode penlitian populasi dan sampling yang meliputi sratified random sampling, sumber dan jenis data digolongkan dalam dua jenis data yaitu: data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dari: krpustakaan, lapangan. Teknik pengumpulan dat meliputi teknik observasi, teknik angket, teknik wawancara teknik dokumentasi serta teknik anlisis data. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari perhitungan data tersebut terbukti bahwa keaktifan organisas OSIS berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlaq pengurus OSIS Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro dengan nilai signifikansi 0,08505. Nilai “r” : N = 0,8505 : 41. Dengan melihat tabel nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan N sebesar 41, dan taraf kesalahan 5% rxy >rt = 0,609 >0,308.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Organisasi OSIS, Prestasi Siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 02:39 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 02:39 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor IZZA, YOGI PRANA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/430 |