KEEFEKTIFITASAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING TECHNIQUE UNTUK MEREDUKSI STRESS AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 1 BOJONEGORO

HAKIM, MUHAMMAD LUTFI (2023) KEEFEKTIFITASAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING TECHNIQUE UNTUK MEREDUKSI STRESS AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (258kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Stress akademik merupakan keadaan yang disebabkan oleh interaksi antara individu dengan lingkungan, yang menyebabkan persepsi jarak antara tuntutan yang berasal dari situasi dan yang bersumber pada fisik dan psikologis. Aspek-aspek Stress akademik gejala fisik, gejala kognitif, gejala emosi, dan gejala tingkah laku. Dampak stress akademik adalah gangguan psikologis, fisik, kognitif, emosi, dan tingkah laku. Gangguan psikologis seperti mudah cemas, gelisah, mudah gemetar, merasa takut dan gugup. Gangguan fisik seperti gangguan tidur, sakit kepala, kelelahan, dan jantung berdebar. Gangguan kognitif seperti mudah lupa, kurang perhatian terhadap orang lain dan kepanikan. Gangguan emosi seperti mudah marah, mudah frustasi, merasa bersalah, mudah bingung, dan merasa tidak berdaya. Gangguan tingkah laku seperti malas, sering menyalahkan orang lain, sering menunda tugas sekolah, dan menghindar orang lain. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan mendeskripsikan keefektifitasan bimbingan kelompok teknik problem focused coping untuk mereduksi stress akademik siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian quasi experimental design dan desain penelitian non equivalent control group design, sampel yang digunakan 321 dengan diambil 20 responden sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan skala psikologis. Berdasarkan uji validitas terdapat 69 item valid dengan hasil uji reabilitas sebesar 0,109.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran stress akademik siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro yaitu 4 % kategori tinggi, 86 % kategori sedang, dan 10 % kategori rendah. Bedasarkan hasil uji independent sample t test secara umum menujukkan bahwa nilai Sig.2 tailed 0.000 > 0,05. Artinya bimbingan kelompok teknik problem focused coping efektif untuk mereduksi stress akademik siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro. Sedangkan uji per aspek secara keseluruhan menunjukan 0,000 ( sig < 0,05) pada gejala fisik, gejala kognitif, gejala emosi dan gejala tingkah laku efektif untuk mereduksi stress akademik dengan bimbingan kelompok teknik problem focused coping.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Problem Focused Coping, Stress Akademik
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: MUHAMMAD LUTFI HAKIM
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:09
Last Modified: 18 Sep 2023 03:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
RACHMAWATI, ULVINA
NIDN0705069006
Thesis advisor
EFENDI, MOH. YUSUF
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4294

Actions (login required)

View Item
View Item