HAKIM, MUHAMMAD LUTFI (2023) KEEFEKTIFITASAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING TECHNIQUE UNTUK MEREDUKSI STRESS AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (43kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (378kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (521kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (466kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB) | Request a copy
BAB V .pdf
Download (258kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (399kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Stress akademik merupakan keadaan yang disebabkan oleh interaksi antara individu dengan lingkungan, yang menyebabkan persepsi jarak antara tuntutan yang berasal dari situasi dan yang bersumber pada fisik dan psikologis. Aspek-aspek Stress akademik gejala fisik, gejala kognitif, gejala emosi, dan gejala tingkah laku. Dampak stress akademik adalah gangguan psikologis, fisik, kognitif, emosi, dan tingkah laku. Gangguan psikologis seperti mudah cemas, gelisah, mudah gemetar, merasa takut dan gugup. Gangguan fisik seperti gangguan tidur, sakit kepala, kelelahan, dan jantung berdebar. Gangguan kognitif seperti mudah lupa, kurang perhatian terhadap orang lain dan kepanikan. Gangguan emosi seperti mudah marah, mudah frustasi, merasa bersalah, mudah bingung, dan merasa tidak berdaya. Gangguan tingkah laku seperti malas, sering menyalahkan orang lain, sering menunda tugas sekolah, dan menghindar orang lain. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan mendeskripsikan keefektifitasan bimbingan kelompok teknik problem focused coping untuk mereduksi stress akademik siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian quasi experimental design dan desain penelitian non equivalent control group design, sampel yang digunakan 321 dengan diambil 20 responden sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan skala psikologis. Berdasarkan uji validitas terdapat 69 item valid dengan hasil uji reabilitas sebesar 0,109.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran stress akademik siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro yaitu 4 % kategori tinggi, 86 % kategori sedang, dan 10 % kategori rendah. Bedasarkan hasil uji independent sample t test secara umum menujukkan bahwa nilai Sig.2 tailed 0.000 > 0,05. Artinya bimbingan kelompok teknik problem focused coping efektif untuk mereduksi stress akademik siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro. Sedangkan uji per aspek secara keseluruhan menunjukan 0,000 ( sig < 0,05) pada gejala fisik, gejala kognitif, gejala emosi dan gejala tingkah laku efektif untuk mereduksi stress akademik dengan bimbingan kelompok teknik problem focused coping.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Problem Focused Coping, Stress Akademik |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | MUHAMMAD LUTFI HAKIM |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:09 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:09 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor RACHMAWATI, ULVINA NIDN0705069006 Thesis advisor EFENDI, MOH. YUSUF NIDN0706018902 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4294 |