PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF DI MA DARUL HUDA KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO

PUTRA, ADI (2023) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF DI MA DARUL HUDA KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan begitu penting dalam kehidupan manusia. Setiap elemen masyarakat berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak bagi dirinya termasuk masyarakat yang berkebutuan khusus karena memiliki keterbatasan fisik dan mental. Hal itu seperti diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 1, yang menyatakan bahwa “Setiap warga Negara berhak mendapat pendidikan, namun dalam realitasnya masih banyak anak disabilitas yang belum tersentuh pendidikan.
penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yakni untuk memperkuat data secara teoritis dan memperoleh informasi dari informan yang terkait dengan judul. “Penelitian kualitatif lapangan adalah jenis penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian, dan tempat yang dipilih sebagai lokasi untuk menyelidiki gejala objektif sebagaimana yang terjadi di lokasi kejadian tersebut, yang juga dilakukan untuk menyusun laporan ilmiah.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dalam Penerapan Nilai-nilai pendidikan inklusif di MA Darul Huda Sugihwaras. Kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran di kelas yang terdapat siswa inklusif menggunakan kurikulum reguler yaitu kurikulum 2013. Pendidik tidak membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan program pembelajaran individual (PPI) secara khusus untuk siswa berkebutuhan khusus. Pembelajaran di kelas dilakukan secara interaktif. Faktor penghambat dan pendukung penerapan nilai-nilai pendidikan Islam inklusif di MA Darul Huda Sugihwaras. Tenaga kependidikan madrasah memberdayakan guru yang ada dan memberikan pelatihan di yayasan berkebutuhan khusus, untuk sarana prasarana menggunakan yang sudah ada di madrasah dan mengajukan bantuan kepada dinas pendidikan, untuk kurikulum siswa berkebutuhan khusus menggunakan kurikulum 2013 dan tingkat kesulitan disesuakan kemampuan siswa berkebutuhan khusus tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Islam Inklusif
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADI PUTRA
Date Deposited: 16 Sep 2023 08:52
Last Modified: 16 Sep 2023 08:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KHUMAINI, FAHMI
NIDN2125048401
Thesis advisor
ISROANI, FARIDA
NIDN0710028903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4159

Actions (login required)

View Item
View Item