PUTRA, ADI (2023) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF DI MA DARUL HUDA KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (51kB)
AWALAN.pdf
Download (930kB)
BAB I.pdf
Download (455kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (439kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (307kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (388kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan begitu penting dalam kehidupan manusia. Setiap elemen masyarakat berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak bagi dirinya termasuk masyarakat yang berkebutuan khusus karena memiliki keterbatasan fisik dan mental. Hal itu seperti diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 1, yang menyatakan bahwa “Setiap warga Negara berhak mendapat pendidikan, namun dalam realitasnya masih banyak anak disabilitas yang belum tersentuh pendidikan.
penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yakni untuk memperkuat data secara teoritis dan memperoleh informasi dari informan yang terkait dengan judul. “Penelitian kualitatif lapangan adalah jenis penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian, dan tempat yang dipilih sebagai lokasi untuk menyelidiki gejala objektif sebagaimana yang terjadi di lokasi kejadian tersebut, yang juga dilakukan untuk menyusun laporan ilmiah.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dalam Penerapan Nilai-nilai pendidikan inklusif di MA Darul Huda Sugihwaras. Kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran di kelas yang terdapat siswa inklusif menggunakan kurikulum reguler yaitu kurikulum 2013. Pendidik tidak membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan program pembelajaran individual (PPI) secara khusus untuk siswa berkebutuhan khusus. Pembelajaran di kelas dilakukan secara interaktif. Faktor penghambat dan pendukung penerapan nilai-nilai pendidikan Islam inklusif di MA Darul Huda Sugihwaras. Tenaga kependidikan madrasah memberdayakan guru yang ada dan memberikan pelatihan di yayasan berkebutuhan khusus, untuk sarana prasarana menggunakan yang sudah ada di madrasah dan mengajukan bantuan kepada dinas pendidikan, untuk kurikulum siswa berkebutuhan khusus menggunakan kurikulum 2013 dan tingkat kesulitan disesuakan kemampuan siswa berkebutuhan khusus tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Islam Inklusif |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADI PUTRA |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 08:52 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 08:52 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KHUMAINI, FAHMI NIDN2125048401 Thesis advisor ISROANI, FARIDA NIDN0710028903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4159 |