AGUSTYANY, CATUR SINDY (2020) EFEKTIVITAS RAINBOW POP UP CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) BAITUL MUTTAQIN SIMO DESA SUMURAGUNG KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (45kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (534kB)
BAB 1.pdf
Download (366kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (436kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (100kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan sebuah media pembelajaran yaitu pop
up book dikembangkan menjadi rainbow pop up card yang berfungsi sebagai media
pembelajaran kreatif dan menarik digunakan. Hal ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor
diantaranya permasalahan tentang minimnya penggunaan media pembelajaran dalam
kegiatan belajar mengajar, hal ini disebabkan karena masih banyak pendidik yang hanya
berpacu pada buku paket maupun LKS.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan sebuah media
pembelajaran rainbow pop up card (2) mengetahui efektivitas dari rainbow pop up card
sebagai media pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Muttaqin Simo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development dengan populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Baitul Muttaqin Simo dengan mengambil sampel kelas 4 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian
ini menggunakan pendekatan R&D yaitu mengembangkan suatu produk yang sudah ada,
teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, dokumentasi dan instrumen
validasi produk. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner validasi ahli materi dan
ahli media dengan teknik analisis data analisis preteset posttest, analisis instrument validasi
ahli dan analisis data respon peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rainbow pop up card dikembangkan dengan
menambahkan fungsi dari buku pop up dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran
dengan (1) validasi ahli media mendapat skor 78% dengan kriteria media baik atau layak
media digunakan (2) validasi ahli materi mendapatkan presentase 80% dengan kriteria materi
yang digunakan sesuai dan (3) respon peserta didik menggunakan media pembelajaran adalah
85,73% dengan kriteria media rainbow pop up card sangat menarik digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Pembelajaran dan Rainbow Pop Up Card |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 07:01 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 07:01 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor HABIBULLAH, MUHAMMAD ROMADHON UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/415 |