IMPLEMENTASI METODE 3T (TASMI’, TAFAHHUM, TIKRAR) DAN 1M (MUROJA’AH) DALAM MEMPERMUDAH MENGHAFAL SURAT PENDEK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUS SALAM CANCUNG, BUBULAN, BOJONEGORO

RINAWATI, RINAWATI (2020) IMPLEMENTASI METODE 3T (TASMI’, TAFAHHUM, TIKRAR) DAN 1M (MUROJA’AH) DALAM MEMPERMUDAH MENGHAFAL SURAT PENDEK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUS SALAM CANCUNG, BUBULAN, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya keluhan dari siswa yang sedang menghafalkan surat pendek maupun yang sudah hatam Al-Qur‟an. Mereka sangat kesulitan dalam menambah hafalan serta kesulitan dalam menjaga hafalan. Oleh karena itu, perlu ada suatu metode untuk bisa menambah serta mempertahankan hafalan yang telah mereka hafalkan sebelumnya. Yakni dengan menggunakan metode 3T (tasmi‟, tafahhum, tikrar) dan 1M (muroja‟ah). Agar hafalan yang mereka hafalkan itu masih tetap menetap pada hati serta fikiran. Pentingnya memberi pengetahuan dan idukasi tentang Al-Qur‟an dengan menancapkan ingatan anak didik pada Al-Qura‟an, diperlukan metode yang tepat untuk siswa usia 7-12 tahun. Maka diperlukan ketrampilan guru dalam membimbing anak dalam menghafal surat pendek (juz‟amma) menggunakan metode tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi bagaimana siswa menghafal surat pendek (juz‟amma), dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan iplementasi metode 3T (tasmi‟, tafahhum, tikrar) dan 1M (muroja‟ah) dalam mempermudah menghafal surat pendek di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurus Salam Cancung, Bubulan, Bojonegoro. (2) Bagaimana pelaksanaan metode 3T (tasmi‟, tafahhum, tikrar) dan 1M (muroja‟ah) dalam mempermudah menghafal surat pendek di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurus Salam Cancung, Bubulan, Bojonegoro. (3) Bagaimana evaluasi iplementasi metode 3T (tasmi‟, tafahhum,tikrar) dan 1M (muroja‟ah) dalam mempermudah menghafal surat pendek di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurus Salam Cancung, Bubulan, Bojonegoro. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan tekni wawancara mendalam, observasi dan análisis data yang berlangsung bersama-sama dengan proses pengumpulan data diawali dengan reduksi data penyimpulan dan verifikasi, dan kesimpulan akhir. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan pengamatan, triagulasi, serta dengan pengecekan anggota. Berdasarkan data yang di peroleh, peneliti menganlisis data tersebut dengan menggunakan analisis deskriptif dengan mendeskripsikan hasil temuan dilapangan tentang perencanan menghafal surat pendek (ju‟amma), pelaksanaan menghafal surat pendek (juz‟amma), dan evaluasi menghafal surat pendek (juz‟amma) di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Salam Cancung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan iplementasi metode 3T (tasmi‟, tafahhum, tikrar) dan 1M (muroja‟ah) dalam mempermudah menghafal surat pendek di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurus Salam Cancung, Bubulan, Bojonegoro meliputi: a) Menentukan Stándar Ke Lulusan; b) Menentukan Materi Hafalan; c) Menentukan Alokasi Waktu, dan Menentukan Metode. 2) Pelaksanaan metode 3T (tasmi‟, tafahhum, tikrar) dan 1M (muroja‟ah) dalam mempermudah menghafal surat pendek di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurus Salam Cancung, Bubulan, Bojonegoro meliputi: a) Kegiatan awal; b) Kegiatan inti; dan c) Kegiatan akhir. Evaluasi iplementasi metode 3T (tasmi‟, tafahhum, tikrar) dan 1M (muroja‟ah) dalam mempermudah menghafal surat pendek di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurus Salam Cancung, Bubulan, Bojonegoro meliputi: a) Harian; b) Tengah semester; c) Akhir semester.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode 3T (tasmi‟, tafahhum, tikrar) dan 1M(muroja‟ah), Menghafal, Surat pendek.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:16
Last Modified: 19 Jan 2022 04:16
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA'DIYAH, ZUMROTUS
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item
View Item