ALGORITMA K-MEANS DALAM CLUSTERING PRODUK SKINCARE UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN

Ayuni, Intan Sri (2023) ALGORITMA K-MEANS DALAM CLUSTERING PRODUK SKINCARE UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (876kB)
[thumbnail of BAB1.pdf] Text
BAB1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB2.pdf] Text
BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB3.pdf] Text
BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB4.pdf] Text
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB5.pdf] Text
BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTARPUSTAKA.pdf] Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini fokus pada pengembangan strategi pemasaran dalam industri kosmetik yang semakin kompetitif. Menggunakan pendekatan data mining dengan algoritma K-Means, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi produk-produk terlaris, sedang, dan rendah dalam penjualan. Metode ini memungkinkan pengelompokan produk berdasarkan pola penjualan, memfasilitasi pengambilan keputusan yang efektif dalam meningkatkan laba perusahaan. Dengan menganalisis data penjualan dan mengklasifikasikan produk ke dalam kluster yang sesuai, strategi pemasaran yang lebih cermat dapat dirancang. Hasil yang didapatkan dari perhitungan cluster dari 693 data penjualan skincare yaitu : 392 data termasuk penjualan rendah dan tergolong cluter 1, 13 data termasuk penjualan sedang dan tergolong cluster 2,288 data termasuk penjualan terlaris dan tergolong cluster 3. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan berharga bagi perusahaan kosmetik dalam mengoptimalkan strategi pemasaran guna mencapai target penjualan dan mengurangi penumpukan stok. Dengan menerapkan Algoritma K-Means pada data penjualan produk kosmetik, perusahaan dapat mengidentifikasi produk yang memiliki kinerja penjualan tinggi, sedang, dan rendah. Langkah ini memungkinkan pengelompokan produk berdasarkan pola penjualan, memudahkan penentuan strategi pemasaran yang sesuai. Berdasarkan hasil cluster yang didapatkan maka ditentukan strategi pemasaran untuk tindak lanjut semua produk mulai dari produk terlaris, fokus pemasaran dapat diperkuat untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Untuk produk penjualan sedang, strategi dapat diarahkan untuk meningkatkan popularitas dan meningkatkan penjualan. Sedangkan untuk produk penjualan rendah, perlu dilakukan analisis lebih lanjut untuk mengidentifikasi penyebab rendahnya penjualan dan mengambil tindakan korektif, seperti penyempurnaan produk atau strategi pemasaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: K-means Clustering, Penjualan, Pengambilan keputusan.
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Intan Sri Ayuni
Date Deposited: 15 Sep 2023 06:10
Last Modified: 15 Sep 2023 06:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Barata, Mula Agung
NIDN0711049301
Thesis advisor
Kartini, Alif Yuanita
NIDN0721048606
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item
View Item