Romadoni, M. Wahfiyudin and Rozi, Fahru and Isroani, Farida (2023) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X Di MA As Sathi’ Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 6 (2). pp. 49-54. ISSN 2614-4883
Turnitin_Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan.pdf
Download (1MB)
Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X Di MAAs Sathi’ Kecamatan Sedan kabupaten Rembang.pdf
Download (544kB)
Abstract
Dalam kegiatan belajar dalam proses pengembangannys memiliki potensi diri sehingga hasil belajar merupakan target penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam taksonomi bloom ada tiga ranah aspek. Pertama, kognitif yakni prestasi belajar siswa dari kegiatan siswa yang berkaitan dengan kemampuan intelektual siswa meliputi pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis dan lain- lain.. Kedua, aspek afektif yakni prestasi belajar siswa dari hasil belajar yang berkaitan dengan kemampuan sikap meliputi reaksi siswa terhadap pembelajaran, menilai, mengorganisasikan pelajaran. Ketiga, aspek psikomotorik yakni prestasi belajar siswa dari hasil belajar yang berkaitan dengan keterampilan motorik/gerak siswa dalam kegiatan belajar meliputi pemahaman konsep dalam pembelajaran, keterampilan dalam berproses dan keterampilan siswa dalam memberikan sikap terhadap hal-hal yang ada dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak, faktor pendukung serta faktor penghambat dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas X di MA As Sathi’ Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan untuk penelitian adalah pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Proses pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Kegiatan pembelajaran dikatakan ideal bila siswa dapat berpartisipasi aktif, sehingga pendidik bertindak menjadi fasilitator yang berorientasi student center. Menurut wijaya, bila kegiatan pembelajaran dirasa jenuh, maka pendidik harus memakai media pembelajaran yang dapat mengembangkan motivasi belajar siswa. (2) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mata pelajaran Akidah akhlak Siswa kelas X MA As Sathi’ Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang meliputi: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Evaluasi. (3) Kekurangan atau kelemahan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Terdapat banyak kelebihan dalam pemanfaatan menggunakan pendekatan saintifik. Hal ini terbukti dengan adanya perubahan tingkah laku dan tingkat pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Mata Pelajaran Akidah Akhlak., Madrasah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahru Rozi |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 02:16 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 01:25 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Romadoni, M. Wafiyudin UNSPECIFIED Author Rozi, Fahru NIDN2125048401 Author Isroani, Farida NIDN0710028903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4086 |