Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X Di MA As Sathi’ Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang

Romadoni, M. Wahfiyudin and Rozi, Fahru and Isroani, Farida (2023) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X Di MA As Sathi’ Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 6 (2). pp. 49-54. ISSN 2614-4883

[thumbnail of Turnitin_Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan.pdf] Text
Turnitin_Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X Di MAAs Sathi’ Kecamatan Sedan kabupaten Rembang.pdf] Text
Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X Di MAAs Sathi’ Kecamatan Sedan kabupaten Rembang.pdf

Download (544kB)

Abstract

Dalam kegiatan belajar dalam proses pengembangannys memiliki potensi diri sehingga hasil belajar merupakan target penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam taksonomi bloom ada tiga ranah aspek. Pertama, kognitif yakni prestasi belajar siswa dari kegiatan siswa yang berkaitan dengan kemampuan intelektual siswa meliputi pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis dan lain- lain.. Kedua, aspek afektif yakni prestasi belajar siswa dari hasil belajar yang berkaitan dengan kemampuan sikap meliputi reaksi siswa terhadap pembelajaran, menilai, mengorganisasikan pelajaran. Ketiga, aspek psikomotorik yakni prestasi belajar siswa dari hasil belajar yang berkaitan dengan keterampilan motorik/gerak siswa dalam kegiatan belajar meliputi pemahaman konsep dalam pembelajaran, keterampilan dalam berproses dan keterampilan siswa dalam memberikan sikap terhadap hal-hal yang ada dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak, faktor pendukung serta faktor penghambat dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas X di MA As Sathi’ Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan untuk penelitian adalah pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Proses pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Kegiatan pembelajaran dikatakan ideal bila siswa dapat berpartisipasi aktif, sehingga pendidik bertindak menjadi fasilitator yang berorientasi student center. Menurut wijaya, bila kegiatan pembelajaran dirasa jenuh, maka pendidik harus memakai media pembelajaran yang dapat mengembangkan motivasi belajar siswa. (2) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mata pelajaran Akidah akhlak Siswa kelas X MA As Sathi’ Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang meliputi: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Evaluasi. (3) Kekurangan atau kelemahan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Terdapat banyak kelebihan dalam pemanfaatan menggunakan pendekatan saintifik. Hal ini terbukti dengan adanya perubahan tingkah laku dan tingkat pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Mata Pelajaran Akidah Akhlak., Madrasah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahru Rozi
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:16
Last Modified: 01 Mar 2024 01:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Romadoni, M. Wafiyudin
UNSPECIFIED
Author
Rozi, Fahru
NIDN2125048401
Author
Isroani, Farida
NIDN0710028903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4086

Actions (login required)

View Item
View Item