PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BANGUN RUANG BERBASIS ETNOMATEMATIKA MAKANAN TRADISIONAL

AFIFIONI, AULIA IKA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BANGUN RUANG BERBASIS ETNOMATEMATIKA MAKANAN TRADISIONAL. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pada masa globalisasi saat ini, siswa banyak yang tak mengenal objek budaya di daerah mereka sendiri sebab sudah terpengaruh oleh budaya luar. Siswa pun banyak yang berasumsi bahwa matematika dengan budaya ialah hal yang tidak selaras, tidak memiliki sangkut paut serta tidak bisa di satukan. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), merupakan suatu proses untuk mengembangkan suatu produk baru atau dapat juga menyempurnakan produk yang sudah ada, dan dapat juga meyempurnakan produk yang sudah ada, dan dapat dipertanggungjawabkan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui media apa yang dikembangkan serta bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi Bangun Ruang. Media pembelajaran yang telah dikembangkan menunjukkan nilai rata-rata 4,6 yang berada pada kategori sangat valid (X 4,21), memerlukan revisi dan hasil validasi materi oleh guru matematika yaitu nlai rata-rata kevalidan yang diberikan oleh validator yang menunjukkan rata-rata 4,4 yang berada kategori sangat valid dan tidak memerlukan revisi, dari rata-rata hasil penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa media pembelajaran aplikasi powerpoint interaktif yang telah dikembangakan oleh peneliti telah praktis Kesimpulan yang didapatakan adalah berupa aplikasi powerpoint untuk peserta didik yang mencantum materi bangun ruang bersisi lengkung berkaitan dengan budaya tradisional berupa makanan tradisional untuk peserta didik kelas VII MTs Abu Dzarin yang dikembangkan dengan model pengembangan 4D meliputi define, design, development, dessiminate. Define merupakan pendefinisian suatu produk yang akan dikembangkan. Design merupakan rancangan konsep yang akan di buat dalam proses pembuatan produk. Development yaitu proses pengembangan produk baru yang sesuai dengan struktur model, serta membuat instrument untuk mengukur kinerja produk. Dessiminate merupakan proses penyebaran produk yang telah sesuai dengan instrument.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Budaya Daerah, Etnomatematika, Bangun Ruang, Makanan Tradisional
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aulia Ika Afifioni
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:01
Last Modified: 15 Sep 2023 03:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FITRI, ANISA
NIDN0719049202
Thesis advisor
CINDARBUMI, FESTIAN
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4084

Actions (login required)

View Item
View Item