PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL PADA MATERI ALJABAR SMP KELAS VII

Sa'diyah, Khalimatus (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL PADA MATERI ALJABAR SMP KELAS VII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER-1.pdf] Text
COVER-1.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik. Bahan ajar mendukung keberhasilan belajar. Dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika, bahan ajar disediakan oleh guru sesuai dengan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika berbasis visual untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan gaya belajar visual. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Four-D). Model Pengembangan 4D terdiri dari 4 tahapan, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar respon angket peserta didik terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMP Plus Al Hadi dengan peserta didik Kelas VII yang berjumlah 32 orang yang telah dikelompokkan sesuai dengan gaya belajarnya, yang diperoleh 12 peserta didik dengan gaya belajar visual pada materi Aljabar. Berdasarkan hasil validasi ahli media didapat bahwa modul matematika dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 4,9 dan hasil validasi ahli materi didapat bahwa modul matematika dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4. Dan hasil angket respon peserta didik terhadap modul matematika berbasis visual didapat bahwa modul matematika berbasis visual dinyatakan modul yang dikembangkan sangat layak dengan skor rata-rata 4,38. Dengan demikian bahan ajar modul matematika yang telah dikembangkan termasuk dalam kriteria valid dan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika SMP Kelas VII.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Gaya Belajar Visual, Aljabar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khalimatus Sa'diyah
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:42
Last Modified: 14 Sep 2023 08:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
NIDN0721059101
Thesis advisor
Ismanto, Ismanto
NIDN0709108004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4054

Actions (login required)

View Item
View Item