Sa'diyah, Khalimatus (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL PADA MATERI ALJABAR SMP KELAS VII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER-1.pdf
Download (214kB)
AWALAN.pdf
Download (627kB)
BAB I.pdf
Download (586kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (945kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (856kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (592kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (714kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17MB) | Request a copy
Abstract
Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik. Bahan ajar mendukung keberhasilan belajar. Dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika, bahan ajar disediakan oleh guru sesuai dengan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika berbasis visual untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan gaya belajar visual. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Four-D). Model Pengembangan 4D terdiri dari 4 tahapan, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar respon angket peserta didik terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMP Plus Al Hadi dengan peserta didik Kelas VII yang berjumlah 32 orang yang telah dikelompokkan sesuai dengan gaya belajarnya, yang diperoleh 12 peserta didik dengan gaya belajar visual pada materi Aljabar. Berdasarkan hasil validasi ahli media didapat bahwa modul matematika dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 4,9 dan hasil validasi ahli materi didapat bahwa modul matematika dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4. Dan hasil angket respon peserta didik terhadap modul matematika berbasis visual didapat bahwa modul matematika berbasis visual dinyatakan modul yang dikembangkan sangat layak dengan skor rata-rata 4,38. Dengan demikian bahan ajar modul matematika yang telah dikembangkan termasuk dalam kriteria valid dan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika SMP Kelas VII.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Gaya Belajar Visual, Aljabar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Khalimatus Sa'diyah |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 08:42 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 08:42 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sari, Astrid Chandra NIDN0721059101 Thesis advisor Ismanto, Ismanto NIDN0709108004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4054 |