WIJAYANTI, AYU (2023) PENERAPAN MINIMUM SPANNING TREE (MST) MENGGUNAKAN ALGORITMA SOLIN PADA HASIL STUDI MATEMATIKA KELAS VIII MTS SALAFIYAH PRAMBONTERGAYANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (35kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (510kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (775kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (653kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (362kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (497kB)
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only
Download (552kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan amatan peneliti dari guru matematika dan hasil wawancara dengan pihak Madrasah Salafiyah Prambontergayang. Permasalahan yang ditemukan yaitu perlunya peningkatan prestasi belajar siswa pada materi matematika kelas VIII. Penelitian ini mengidentifikasi materi yang paling berpengaruh dan mendominasi dalam pelajaran matematika, dengan melibatkan materi peluang, statistika, lingkaran, bangun ruang, theorem pythagoras, dan relasi fungsi. Oleh karena itu peneliti akan melakukan analisis pada materi matematika dengan cara menerapkan minimum spanning tree dengan algoritma solin sebagai langkahnya. Minimum Spanning Tree (MST) merupakan spanning tree yang bobotnya minimal. Langkah-langkah algoritma solin yaitu mengurutkan sisi pada graf dari terbesar ke terkecil dan melakukan penghapusan sisi yang tidak menyebabkan graf menjadi tidak terhubung. Hal ini menunjukkan bahwa adanya konsep pada materi tersebut sehingga saling berpengaruh pada materi yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari materi yang menjadi center pada graf minimum spanning tree yang terbentuk. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Salafiyah Prambontergayang Tuban pada kelas VIII dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitin ini adalah sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, pengolahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis menggunakan metode korelasi pearson dan korelasi spearman. Namun metode yang digunakan pada korelasi pearson mendapatkan hasil yang berbeda dengan korelasi spearman yaitu graf x yang merupakan graf minimum spanning tree dari korelasi pearson dan graf y merupakan graf minimum spanning tree dari korelasi spearman. Dengan 6 titik yang menginterpretasikan 6 materi dan sisi yang menginterpretasikan koefisien korelasi antar materi. Sehingga materi satu dengan materi lainnya memiliki keterkaitan dan hubungan yang erat. Dengan demikian penerapan MST menggunakan algoritma solin dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan belajar siswa pada materi matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minimum Spanning Tree, Algoritma Solin, Hasil studi matematika |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ayu Wijayanti |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 02:18 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 02:18 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FATHONI, M. IVAN ARIFUL NIDN0705019103 Thesis advisor CINDARBUMI, FESTIAN NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4022 |