Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 4 Bojonegoro Jawa Timur

Efendi, Moh. Yusuf and Rozi, Fahru (2022) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 4 Bojonegoro Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4 (6). pp. 7731-7837. ISSN 2685-9351

[thumbnail of Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN4Bojonegoro Jawa Timur.pdf] Text
Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN4Bojonegoro Jawa Timur.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of Turnitin_Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN4Bojonegoro.pdf] Text
Turnitin_Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN4Bojonegoro.pdf

Download (1MB)

Abstract

Artikel ini mendiskripsikan tentang strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam menghadapi implementasi kurikulum merdeka di MAN 4 Boerno. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriftif dengan pendekatan Teologis Normatif, Psycopedagogis, dan fenomenologis. Waktu pelaksanaan penelitian ini selama satu semester genap tahun pelajaran 2022/2023, bertempat di MAN 4 Kabupaten Bojonegoro. Subyek penelitian adalah guru PAI dan informan tambahannya adalah kepala sekolah, pembantu kepala sekolah dan peserta didik MAN 4 Bojonegoro. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas dua, yakni data primer dan skunder. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa human instrument di mana peneliti sendiri termasuk instrument itu sendiri, adapun Instrumen yang digunakan oleh peneliti, yaitu: pedoman observasi, pedoman wawancara dan format catatan dokumentasi. Teknik pengolahandan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data dalam pengujian keabsahannya. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Pengujian keabsahan data diharapkan mampu memberikan penguatan optimal dalam proses pengumpulan data penelitian. Hasil penelitian, adapun strategi pembelajaran guru PAI dalam menghadapi implementasi kurikulum merdeka di MAN 4 Boerno dilakukan dengan cara Merumuskan Tujuan Khusus Pembelajaran PAI , Memilih Pengalaman Belajar yang Akan Diterima Siswa, Menentukan Kegiatan Belajar Mengajar , Menentukan Orang-orang yang Terlibat dalam Proses Pembelajaran, Menentukan Alat dan Bahan untuk Belajar, Memperhatikan Ketersediaan Fasilitas Fisik, Merencanakan Proses Evaluasi dan Pengembangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategy, learning, PAI teachers
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Fahru Rozi
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:57
Last Modified: 01 Mar 2024 01:37
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Efendi, Moh. Yusuf
NIDN0706018902
Author
Rozi, Fahru
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item
View Item