Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) As Sathi’ Rembang

Isroani, Farida and Rohmawati, Ulva Badi' and Rozi, Fahru (2022) Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) As Sathi’ Rembang. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1 (1). pp. 121-125. ISSN 2808-9502

[thumbnail of Penerapan Metode Tikrar untuk  Meningkatkan  Penguatan  Hafalan  Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) As Sathi’ Rembang.pdf] Text
Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) As Sathi’ Rembang.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Turnitin_Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al.pdf] Text
Turnitin_Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an sebagai sumber, pedoman, kabar gembira dan pemberi peringatan serta memberikan manfaat bagi umat islam. Selain itu memberikan kebaikan dan kemuliaan bagi yang membacanya. Apabila membacanya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat islam. Namun jika menghafalkan niat karena Allah Swt maka dapat menjadikan perbuatan yang mulia. Salah satu metode menghafal menyesuaikan perkembangan zaman yaitu metode tikrar. Metode tikrar berarti mengulang-ulang secara terus menerus dari surat pendek hingga surat panjang. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif sehingga didapatkan data primer dan sekunder. Data primer melakukan observasi dan wawancara pihak lembaga Madrasah Aliyah (MA) As Sathi’ Rembang. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur dari buku, dokumen, internet dan lain-lain. Hasil penelitian ini yaitu metode tikrar melibatkan aktivitas ingatan, mengulang-ulang ayat lebih mudah, lancar dan ingatan semakin melekat. Implementasi metode tikrar dilakukan dengan dua tahap, yakni tahap persiapan dan tahap penerapan tikrar dapat dilakukan menghadap guru maupun sendiri-sendiri. Metode tikrar ini bermanfaat untuk memerlancar ingatan, Siswa agar tidak menghambat hafalan Al-Qur’an dengan cara niat karena Allah dan banyak membaca serta mengulang hafalan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Metode Tikrar, Siswa
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahru Rozi
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:56
Last Modified: 01 Mar 2024 01:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Isroani, Farida
NIDN0710028903
Author
Rohmawati, Ulva Badi'
NIDN2108088801
Author
Rozi, Fahru
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4019

Actions (login required)

View Item
View Item