Isroani, Farida and Rohmawati, Ulva Badi' and Rozi, Fahru (2022) Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) As Sathi’ Rembang. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1 (1). pp. 121-125. ISSN 2808-9502
![[thumbnail of Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) As Sathi’ Rembang.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) As Sathi’ Rembang.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Turnitin_Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Turnitin_Penerapan Metode Tikrar untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan Al.pdf
Download (1MB)
Abstract
Al-Qur’an sebagai sumber, pedoman, kabar gembira dan pemberi peringatan serta memberikan manfaat bagi umat islam. Selain itu memberikan kebaikan dan kemuliaan bagi yang membacanya. Apabila membacanya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat islam. Namun jika menghafalkan niat karena Allah Swt maka dapat menjadikan perbuatan yang mulia. Salah satu metode menghafal menyesuaikan perkembangan zaman yaitu metode tikrar. Metode tikrar berarti mengulang-ulang secara terus menerus dari surat pendek hingga surat panjang. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif sehingga didapatkan data primer dan sekunder. Data primer melakukan observasi dan wawancara pihak lembaga Madrasah Aliyah (MA) As Sathi’ Rembang. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur dari buku, dokumen, internet dan lain-lain. Hasil penelitian ini yaitu metode tikrar melibatkan aktivitas ingatan, mengulang-ulang ayat lebih mudah, lancar dan ingatan semakin melekat. Implementasi metode tikrar dilakukan dengan dua tahap, yakni tahap persiapan dan tahap penerapan tikrar dapat dilakukan menghadap guru maupun sendiri-sendiri. Metode tikrar ini bermanfaat untuk memerlancar ingatan, Siswa agar tidak menghambat hafalan Al-Qur’an dengan cara niat karena Allah dan banyak membaca serta mengulang hafalan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an, Metode Tikrar, Siswa |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahru Rozi |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 05:56 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 01:38 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Isroani, Farida NIDN0710028903 Author Rohmawati, Ulva Badi' NIDN2108088801 Author Rozi, Fahru NIDN2125048401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4019 |