Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII

Jannah, Riyadhul (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang penting untuk dipelajari karena dapat melatih seorang individu untuk dapat berpikir kiritis, logis, dan juga sistematis. Selain itu, bahan ajar yang efisien juga dapat membantu proses pembelajaran dan dapat menunjang kemampuan berpikir matematis siswa. Dengan adanya modul pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa maka dapat memotivasi siswa dalam belajar, mempermudah siswa belajar secara mandiri, dan menjadikan referensi ketika kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis pemecahan masalah matematis pada materi teorema pythagoras kelas VIII yang valid dan layak digunakan dalam proses belajar. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu, Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert dengan skala 5 untuk menilai kevalidan (Ahli Materi dan Ahli Media) dan kelayakan modul pembelajaran (respon peserta didik kelas VIII). Hasil penelitian kevalidan modul dapat diketahui dari validasi ahli materi mendapat presentase 86% dan dengan kalsifikasi “modul sangat valid”. Sedangkan hasil dari validasi modul oleh ahli media mendapatkan presentase 89,54% dengan klasifikasi “modul sangat valid”. Berdasarkan penilaian modul dari angket respon siswa terhadap modul pemebalajaran mendapatkan hasil presentase rata-rata yaitu 86,87% termasuk dalam klasifikasi “modul sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis pemecahan masalah matematis padamateri teorema pythagoras kelas VIII layak digunakan peserta didik pada proses pembelajaran secara mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Modul Pembelajaran, Teorema Pythagoras
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riyadhul Jannah
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:15
Last Modified: 14 Sep 2023 05:15
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kurniawati, Naning
NIDN0718098503
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
0NIDN721059101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4005

Actions (login required)

View Item
View Item