PEMBENTUKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ISLAMIYYAH MOJOKAMPUNG, BOJONEGORO, BOJONEGORO

MUKTINI, ANIN DIAH (2020) PEMBENTUKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ISLAMIYYAH MOJOKAMPUNG, BOJONEGORO, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembentukan nilai-nilai religius adalah konsep dan keyakinan yang dijunjung tinggi oleh manusia mengenai beberapa masalah pokok yang berhubungan dengan Islam untuk dijadikan pedoman dalam bertingkah laku, baik nilai bersumber dari Allah maupun hasil interaksi manusia tanpa bertentangan dengan syariat. Program pembiasaan dalam penelitian ini adalah kegiatan yang direncanakan dan dilakukan secara berulang-ulang dan terus menerus dalam pembentukan nilai-nilai religius peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Upaya dalam pembentukan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui program pembiasaan di MI Islamiyyah Mojokampung. 2) Faktor pendukung dan pennghambat MI Islamiyyah Mojokampung dalam pembentukan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui program pembiasaan di MI Islamiyyah Mojokampung. 3) Hasil pembentukan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui program pembiasaan di MI Islamiyyah Mojokampung. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini MI Islamiyyah Mojokampung. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul sebagaimana adanya disusun, diinterpretasikan kemudian dianalisis, untuk selanjutnya diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Upaya dalam pembentukan nilai nilai religius pada peserta didik melalui program pembiasaan di MI Islamiyyah Mojokampung, yaitu melalui pembiasaan akhlaq, Ibadah, dan iman. (2) Faktor pendukung dan penghambat MI Islamiyyah Mojokampung dalam pembentukan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui program pembiasaan, Faktor Pendukung: Pemantauan, sarana dan prasarana. Faktor Penghambat: Sarana Prasaran masih kurang, Siswa kurang disiplin. (3) Hasil pembentukan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui program pembiasaan di MI Islamiyyah Mojokampung, antara lain: Kejujuran, Tanggung jawab, Peduli lingkungan, Kedisiplinan dan Religius.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Religius, Program pembiasaan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 390 Adat istiadat, etiket, dan cerita rakyat > 395 Etiket (tata krama), sopan santun
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 11 Jan 2022 08:23
Last Modified: 11 Jan 2022 08:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA’DIYAH, ZUMROTUS
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item
View Item