IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 2 BALEN BOJONEGORO

Bakhri, M. Shokhibul (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 2 BALEN BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan salah satu kebijakan pemerintah sebagai upaya menanggulangi krisis pendidikan yang ada di Indonesia. Terutama di bidang pendidikan Islam akibat dari wabah pandemi Covid-19. Berfokus dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti. salah satu sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka dalam membentuk Profil pelajar Pancasila di Bojonegoro adalah SMP Negeri 2 Balen Bojonegoro.
Berdasarkan pemaparan tersebut, maka dapat dirumuskan suatu permasalahan beserta tujuan dilakukan penelitian sebagai berikut. Untuk mendeskripsikan dan menganalsis hal-hal yang berhubungan dengan perencanaan, implementasi, dan hasil implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dalam membentuk profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Balen Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh ada dua, yaitu primer memperoleh data dari lapangan secara langsung dan sekunder data diperoleh melalui penelitian yang sudah ada. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu: (1) Perencanaan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Balen Bojonegoro dengan mempelajarinya dahulu. Melalui workshop dan platform merdeka belajar serta menyusun strategi IKM. Sekolah memilih implementasi mandiri. Merencanakan Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, prota, promes kemudian dikerucutkan menjadi tujuan pembelajaran yang akan dicapai setiap semester. (2) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila yaitu peserta didik telah melaksanakan tiga projek sesuai dengan Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembejaran dan Modul Ajar yang sudah dipersiapkan oleh guru. (3) Hasilnya berdasarkan survey peserta didik dapat mengembangkan dari masing-masing kegiatan P5 tersebut dengan rasa senang dan antusias dalam pelaksanaannya dan peserta didik juga lebih berani dan percaya diri dalam mengambil sikap saat kegiatan praktik dan presentasi terkait P5 yang sudah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Shokhibul Bakhri
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:20
Last Modified: 14 Sep 2023 03:20
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
NIDN2109028600
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
NIDN2122037701
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3973

Actions (login required)

View Item
View Item