IIN NURUL, MAHSUNAH (2020) PENGEMBANGAN MEDIA DEKAK-DEKAK BERANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA TUNAGRAHITA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) TUT WURI HANDAYANI KAPAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (48kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (648kB)
BAB 1.pdf
Download (251kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (9kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pengembangan media pembelajaran merupakan proses pembaharuan media pembelajan yang berbeda namun masih sejenis dengan media yang di kembangkan dan disesuaikan dengan karakteristik siswa yang menggunakanya. Fungsi media memudahkan guru dalam penyampaian materi kepada siswa terlebuh siswa berkebutuhan husus Tuna grahita yang memiliki karakteristik mudah lupa, sering mogok dan sulit menerima hal abstrak.Pelajaran yang sulit ditrima seperti matematika materi berhitung membutuhkan media yang tepat seperti media dekak-dekak angka. Adapun tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika supaya siswa Tunagrahita dapat dengan mudah belajar berhitung. Penelitian ini merupkn penelitian R&D Dengan menggunakan pegembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu :1) Analysis (analisa kebutuhan ), 2) Design (perencanaan),3) Development(pengembangan) ,4)Implementation (pengembangan)dan 5) Evaluation(evaluasi). Media ini di nilai oleh validator ahli materi dan ahli pembelajaran (guru kelas).Media pembelajaran ini juga di respon oleh 6 siswa kelas 6 SLB Tut Wuri Handayani melalui uji coba terbatas. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran Dekak-dekak Berangka untuk behitung siswa Tunagrahita SLB Tut Wuri Handayani.Kelayakan media di nyatakan sangat valid oleh ahli materi/isi dengan hasil validasi 90% dan ahli pembelajaran/guru kelas dengan hasil validasi 100%.Uji coba lapangan utama mencapai tingkat kevalidan 85% yang menunjukkan bahwa media dekak-dekak berangka efektif dan menarik. Sedangkan dalam penerapan pembelajaran di kelas, hasil pre-testsiswa mendapat nilai 48 dan hasil post-testsiswa mendapat nilai 80,06. Berdasarkan analisis menggunakan uji T menghasilkan thitung5,773 dan ttabel2,571 yang artinya thitung> ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kemampuan berhitung penjumlahan siswa Tunagrahita kelas 6SLB Tut Wuri Handayani sebelum dan sesudah menggunakan media - dekak Berangka.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Dekak-dekak, Berangka, Kemampuan Berhitung, Tunagrahita |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 07:06 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 07:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor IMAMAH, HABIBATUL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/395 |