APRINIA, RIKA DWI (2020) EFEKTIVITAS STRATEGI READING ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM TEKS PADA SISWA MADRASAH IBTIDA’IYAH (MI) ISLAMIYAH PAJENG, GONDANG, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (376kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (884kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (740kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (445kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (422kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas tentang efektivitas strategi reading aloud terhadap keterampilan membaca pemahaman dalam teks pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Pajeng Gondang. Selama ini setelah kegiatan membaca, siswa tidak dapat menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan materi bacaan, Semua ini dikarenakan tingkat pemahaman siswa terhadap bacaan masih rendah. Selain itu proses pembelajaran yang masih pasif dan guru belum menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran membaca, padahal strategi pembelajaran dapat menentukan keberhasilan pembelajaran. Strategi Reading aloud sering disebut sebagai membaca nyaring atau membaca bersuara. Membaca nyaring merupakan kegiatan membaca tulisan dengan ucapan dan intonasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi reading aloud di kelas IV MI Islamiyah Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro?; (2) Mengetahui kemampuan siswa dengan strategi Reading alaud di kelas IV MI Islamiyah Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro?; (3) Mengetahui efektivitas strategi reading aloud terhadap memahami teks siswa kelas IV MI Islamiyah Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan. Populasi yang diambil oleh peneliti adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah (MI) Islamiyah Pajeng tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 15. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara , Dokumentasi dan Angket. Hasil belajar siswa menggunakan strategi Reading aloud menunjukkan bahwa nilai rendah yang diperoleh siswa adalah 44 sedangkan nilai tertinggi yang di peroleh siswa adalah sebesar 100 dengan nilai rata-rata adalah 84 nilai rata-rata ini sudah termasuk dalam kategori tinggi. Efektifitas strategi Reading aloud dapat diketahui bahwa nilai angket strategi Reading aloud adalah 687 jadi nilai variabel X adalah sebesar 687 dan kemampuan memahami teks adalah 751 jadi nilai variabel Y adalah sebesar 751. (Ha) Efektivitas strategi Reading aload terhadap keterampilan membaca pemahaman dalam teks pada siswa kelas IV MI Islamiyah Pajeng, Gondang, Bojonegoro “diterima”. Dan sebaliknya hipotesis nihil (Ho): yang berbunyi tidak ada efektivitas strategi Reading aload terhadap keterampilan membaca pemahaman dalam teks pada siswa kelas IV MI Islamiyah Pajeng, Gondang, Bojonegoro “ditolak”.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi Reading Aloud, pemahaman teks |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 05:09 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 05:09 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SA’DIYAH, ZUMROTUS UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/394 |