EFEKTIVITAS STRATEGI READING ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM TEKS PADA SISWA MADRASAH IBTIDA’IYAH (MI) ISLAMIYAH PAJENG, GONDANG, BOJONEGORO

APRINIA, RIKA DWI (2020) EFEKTIVITAS STRATEGI READING ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM TEKS PADA SISWA MADRASAH IBTIDA’IYAH (MI) ISLAMIYAH PAJENG, GONDANG, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (884kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas strategi reading aloud terhadap keterampilan membaca pemahaman dalam teks pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Pajeng Gondang. Selama ini setelah kegiatan membaca, siswa tidak dapat menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan materi bacaan, Semua ini dikarenakan tingkat pemahaman siswa terhadap bacaan masih rendah. Selain itu proses pembelajaran yang masih pasif dan guru belum menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran membaca, padahal strategi pembelajaran dapat menentukan keberhasilan pembelajaran. Strategi Reading aloud sering disebut sebagai membaca nyaring atau membaca bersuara. Membaca nyaring merupakan kegiatan membaca tulisan dengan ucapan dan intonasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi reading aloud di kelas IV MI Islamiyah Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro?; (2) Mengetahui kemampuan siswa dengan strategi Reading alaud di kelas IV MI Islamiyah Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro?; (3) Mengetahui efektivitas strategi reading aloud terhadap memahami teks siswa kelas IV MI Islamiyah Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan. Populasi yang diambil oleh peneliti adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah (MI) Islamiyah Pajeng tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 15. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara , Dokumentasi dan Angket. Hasil belajar siswa menggunakan strategi Reading aloud menunjukkan bahwa nilai rendah yang diperoleh siswa adalah 44 sedangkan nilai tertinggi yang di peroleh siswa adalah sebesar 100 dengan nilai rata-rata adalah 84 nilai rata-rata ini sudah termasuk dalam kategori tinggi. Efektifitas strategi Reading aloud dapat diketahui bahwa nilai angket strategi Reading aloud adalah 687 jadi nilai variabel X adalah sebesar 687 dan kemampuan memahami teks adalah 751 jadi nilai variabel Y adalah sebesar 751. (Ha) Efektivitas strategi Reading aload terhadap keterampilan membaca pemahaman dalam teks pada siswa kelas IV MI Islamiyah Pajeng, Gondang, Bojonegoro “diterima”. Dan sebaliknya hipotesis nihil (Ho): yang berbunyi tidak ada efektivitas strategi Reading aload terhadap keterampilan membaca pemahaman dalam teks pada siswa kelas IV MI Islamiyah Pajeng, Gondang, Bojonegoro “ditolak”.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: strategi Reading Aloud, pemahaman teks
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 11 Jan 2022 05:09
Last Modified: 11 Jan 2022 05:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA’DIYAH, ZUMROTUS
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item
View Item