PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII

ANDRIANI, NUR LISA (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of sampul.pdf] Text
sampul.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang abstrak, untuk membuat matematika menjadi lebih nyata dan mudah dipahami dibutuhkan sebuah media dan bahan ajar yang inovatif. Namun, realitasnya banyak pendidik yang masih menggunakan bahan ajar yang konvensional, yaitu bahan ajar yang tinggal pakai, tinggal beli, instan serta tanpa upaya merencanakan, menyiapkan, dan menyusun sendiri. Berdasarkan analisis modul yang ada di pasaran masih ditemukan beberapa kekurangan, salah satunya adalah belum adanya petunjuk penggunaan modul baik untuk pendidik maupun peserta didik. Berdasarkan kekurangan yang ada diperlukan pengembangan modul pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada materi statistika kelas VIII agar dapat membantu peserta didik dalam belajar dan dijadikan referensi dalam belajar matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang melibatkan peserta didik kelas VIII SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze (Analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation ( Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert dengan skala 4 untuk menilai kevalidan melalui lembar validasi modul ahli media dan ahli materi serta kepraktisan modul melalui lembar angket yang diberikan kepada peserta didik. Hasil dari penelitian ini dalam hal kevalidan modul berdasarkan validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 90% dengan tingkat validitas “Sangat Valid” sedangkan hasil dari validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 82% dengan tingkat validitas “Valid”. Sedangkan untuk kepraktisan, berdasarkan penilaian modul dari angket yang dibagikan kepada peserta didik memperoleh persentase sebesar 82% dengan tingkat kepraktisan “Sangat Praktis”. Maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan, yakni modul pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada materi statistika kelas VIII valid dan praktis sehingga dapat digunakan peserta didik dalam proses belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Statistika
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Lisa Andriani
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:25
Last Modified: 13 Sep 2023 07:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KURNIAWATI, NANING
NIDN0718098503
Thesis advisor
CINDARBUMI, FESTIAN
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3928

Actions (login required)

View Item
View Item