IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MTs. SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKOSEWU KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO

ZAINUN, RATNA (2014) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MTs. SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKOSEWU KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER DAN ABSTRAK.pdf] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of Bab I .pdf] Text
Bab I .pdf

Download (399kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV .pdf] Text
Bab IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V .pdf] Text
Bab V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

Metode merupakan salah satu unsur yang diperlukan dalam mencapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam dan banyak sekali variasi yang bisa diterapkan guru guna untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru dengan metode Demonstrasi, dengan penggunaan metode Demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Karena metode Demonstrasi ini merupakan metode yang tidak hanya komunikasi satu arah akan tetapi bisa dua ataupun tiga arah. Di samping itu, metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan siswa tidak hanya menjadi pendengar saja akan tetapi mereka ikut aktif di dalamnya. Dan mengigat betapa pentingnya penggunaan metode dalam kegiatan belajar mengajar khususnya untuk mencapai tujuan pembelajaran maka penulis tertarik untuk membahas tentang “Signifikansi Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Jungcangcang Pamekasan 1”. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Demonstrasi di MAN Jungcangcang Pamekasan 1, untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengefektifkan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui metode Demonstrasi, selain itu untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam melalui metode Demonstrasi di MAN Jungcangcang Pamekasan 1. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel penelitian yaitu guru pendidikan agama Islam, 39 siswa-siswi yang terdiri dari kelas X dan XI. Penelitian ini menggunakan purpose sampling (sampel yang berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu), sedangkan untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, interview, angket dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kualitatif yang menggunakan rumus persentase yaitu: P = X100% F N Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi penggunaan metode Demonstrasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam sudah terlaksanakan, serta penggunaan metode Demonstrasi memberikan pengaruh atau peran dalam efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam baik itu bagi guru dan siswa. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa signifikansi penggunaan metode Demonstrasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam, Pelaksanaan metode Demonstrasi di MAN Jungcangcang Pamekasan 1 adalah: (a) bahwsanya metode Demonstrasi telah dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam. (b) bahwasanya pelaksanaan metode Demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam pertanyaan yang diajukan oleh guru selalu dikaitkan dengan pelajaran yang sedang disampaikan. (c) selain itu, pelaksanaan metode Demonstrasi di samping dikaitkan dengan pelajaran yang sedang disampaikan dikaitkan juga dengan materi yang telah lalu juga. (d) bahwasanya pelaksanaan metode Demonstrasi selalu digunakan atau diterapkan di setiap pembelajaran pelajaran pendidikan agama Islam. Upaya guru untuk mengefektifkan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui metode Demonstrasi adalah sebagai berikut: (a) upaya yang dilakukan dengan tidak memberikan pertanyaan yang hanya terfokus pada jawaban “Ya” akan tetapi lebih kepada bagaiamana siswa dalam proses berpikir. (b) upaya yang dilakukan yaitu dengan menggabungkan atau memodifikasi penggunaan metode Demonstrasi dengan metode yang lain dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam. (c) upaya yang dilakukan dengan tidak memberikan pertanyaan pada siswa yang bersifat hafalan, karena kalau hal itu dilakukan dan siswa tidak hafalan akan menghambat kefektifan dari penggunaan metode Demonstrasi itu sendiri. faktor pendukung dan penghambat efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam melalui metode Demonstrasi adalah: faktor pendukung yaitu : (a) membuat siswa tertarik pada pelajaran yang sedang disampaikan. (b) dapat mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam. (c) memberikan kesempatan yang sama pada siswa yang aktif dan tidak aktif. (d) kelebihan dari penggunaan metode Demonstrasi dapat dijadikan indikator untuk mengefektifkan pembelajaran. Adapun faktor penghambat adalah: (a) banyaknya perbedaan pendapat yang muncul diantara siswa. (b) terbatasnya waktu (c) siswa kadang acuh terhadap pelajaran (d) pertanyaan yang ditujukan untuk seluruh siswa (d) kekurangan dari metode Demonstrasi ini dapat dijadikan indikator untuk menghambat efektivitas pembelajaran melalui metode ini.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi,
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:23
Last Modified: 26 Oct 2021 22:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sugeng, Sugeng
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item
View Item