PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA NUMERASI BERBASIS DIFERENSIASI PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP PLUS AL-FATIMAH BOJONEGORO

ANDRYANI, YANUAR DWI (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA NUMERASI BERBASIS DIFERENSIASI PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP PLUS AL-FATIMAH BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitass Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (963kB)
[thumbnail of BAB-I.pdf] Text
BAB-I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB-II.pdf] Text
BAB-II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB-III.pdf] Text
BAB-III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB-IV.pdf] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB-V.pdf] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN_1.pdf] Text
LAMPIRAN_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan modul pembelajaran matematika numerasi berbasis diferensiasi. Modul pembelajaran ini dibuat atas dasar permasalahan yang terjadi pada objek dan tempat penelitian yaitu siswa di SMP Plus Al-Fatimah Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat dari rapor mutu sekolah dimana perlu peningkatan di bidang numerasi, siswa yang masih kurang dalam memahami pembelajaran yang disebabkan karena pembelajaran masih bersifat konvensional, siswa terdapat kendala dalam hal pemahaman konsep matematika pada materi prisma dan limas, belum adanya modul pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara mandiri sesuai kemampuannya, sehingga menyebaban hasil belajar dan aktivitas belajar siswa menurun. Metode penelitian ini adalah Researsh and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan respon siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul pembelajaran untuk siswa kelas VIII pada materi prisma dan limas. Hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi modul ahli materi dengan rata-rata keseluruhan 3,7 kategori valid, validasi modul ahli media dengan rata-rata keseluruhan 4,2 kategori valid, (2) Layak persentase keseluruhan respon siswa pada uji coba terbatas atau kelompok kecil 87 % kategori sangat layak, dan persentase keseluruhan respon siswa pada uji lapangan atau kelompok besar 90 % kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa tahap uji coba yang dilaksanakan menggunakan modul pembelajaran matematika numerasi berbasis diferensiasi prisma dan limas kelas VIII SMP Plus Al-Fatimah Bojonegoro telah memenuhi kategori valid dan layak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran Matematika Numerasi, Diferensiasi
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd. Yanuar Dwi Andryani
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:35
Last Modified: 12 Sep 2023 08:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KURNIAWATI, NANING
NIDN0718098503
Thesis advisor
ISMANTO, ISMANTO
NIDN0709108004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3753

Actions (login required)

View Item
View Item