PENGELOMPOKAN KECAMATAN DI KABUPATEN BOJONEGORO BERDASARKAN FAKTOR PENDUKUNG PENDIDIKAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DAN K-MEDOIDS

HUSEN, SYARIF (2023) PENGELOMPOKAN KECAMATAN DI KABUPATEN BOJONEGORO BERDASARKAN FAKTOR PENDUKUNG PENDIDIKAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DAN K-MEDOIDS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of Awalan .pdf] Text
Awalan .pdf

Download (607kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy

Abstract

Husen syarif, Pengelompokan Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro Berdasarkan Faktor Pendukung Pendidikan Menggunakan Algoritma K-Means dan K-Medoids, Prodi SSD, 2023. Pendidikan di Bojonegoro saat ini masih belum merata. Permasalahan ini salah satunya disebabkan oleh daerah di pedesaan yang terpencil dan jauh dari perkotaan kesulitan dalam mangakses layanan pendidikan. Oleh karena itu pengelompokan kecamatan perlu dilakukan agar pemerintah kabupaten Bojonegoro dapat memperhatikan cluster wilayah mana yang memperlukan perbaikan pendidikan. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk pengelompokan adalah data mining dengan analisis cluster dengan metode K-Means da K-Medoids. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui statistik deskriptif dari faktor pendukung pendidikan pada masing-masing kecamatan di kabupaten Bojonegoro, hasil pengelompokan kecamatan serta hasil perbandingan pengelompokan kecamatan di kabupaten Bojonegoro berdasarkan faktor pendukung pendidikan dengan menggunakan algoritma K-Means dan K-Medoids. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sumber data sekunder dari Dinas Pendidikan Bojonegoro berupa publikasi data faktor pendukung pendidikan yang meliputi jumlah sekolahan, jumlah tenaga pendidik, dan jumlah rombongan belajar (ROMBEL) tahun 2022 pada masing-masing kecamatan di kabupaten Bojonegoro. Hasil Penelitian ini adalah (1) Rata-rata kecamatan-kecamatan yang ada di kabupaten Bojonegoro mempunyai jumlah sekolah SD sebanyak 25, SMP sebanyak 3, SMA sebanyak 1. Rata-rata jumlah pendidik SD sebanyak 52, SMP sebanyak 16, SMA sebanyak 200 di kecamatan Bojonegoro. Rata-rata jumlah rombel SD sebesar 29, SMP sebesar 5 serta SMA sebesar 9. (2) Hasil pengelompokan kecamatan di kabupaten Bojonegoro berdasarkan faktor pendukung pendidikan dengan menggunakan K-Means didapatkan sebanyak 5 cluster. (3) Hasil pengelompokan kecamatan di kabupaten Bojonegoro berdasarkan faktor pendukung pendidikan dengan menggunakan K-Medoids didapatkan sebanyak 5 cluster. (4) Metode clusterisasi dengan menggunakan metode K-Means lebih baik untuk mengelompokkan kecamatan di kabupaten Bojonegoro berdasarkan faktor pendukung pendidikan dibandingkan dengan metode K-Medoids.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: pengelompokan, faktor pendukung pendidikan, K-Means dan K-Medoids
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 518 Analisis numerik, analisa numerik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Depositing User: syarif husen
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:59
Last Modified: 11 Sep 2023 08:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kartini, Alif Yuanita
NIDN0721048606
Thesis advisor
Mahmudah, Nur
NIDN0715039201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3743

Actions (login required)

View Item
View Item