PENERAPAN METODE BASED LEARNING ANAK USIA 5-6 TAHUN BERBASIS LINGKUNGAN DI RA HIDAYATUTH THOLIBIN DESA KETILENG MALO KABUPATEN BOJONEGORO

MUFARROCHAH, SITI ZUMROTUL (2023) PENERAPAN METODE BASED LEARNING ANAK USIA 5-6 TAHUN BERBASIS LINGKUNGAN DI RA HIDAYATUTH THOLIBIN DESA KETILENG MALO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode based learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan anak untuk memecahkan masalah, memberikan kebebasan dalam beraktivitas belajar, dan melaksanakan proyek secara kolaboratif. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Based Learning Anak Usia 5-6 Tahun Berbasis Lingkungan di RA Hidayatuth Tholibin Desa Ketileng Malo Kabupaten Bojonegoro serta problem dan upaya yang dilakukan ketika menerapkan pembelajaran berbasis lingkungan kepada anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif degan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun yang berjumlah 22 anak. Sedangkan sumber data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, guru kelas, dan juga orang tua dari anak kelas B. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara pengumpulan data, merangkum data dengan memilih hal-hal pokok penting, menyajikan dengan teks yang bersifat naratif, kemudian yang terakhir yaitu menarik kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan fokus penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran berbasis lingkungan sangat penting untuk di kembangkan dan di kenalkan saat dini agar anak didik mempunyai sikap cinta lingkungan dan dapat mempunyai pengalaman memecahkan masalah secara langsung sehingga bermanfaat saat dewasa. Dan memberikan contoh baik apalagi pada anak dapat menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam dan merawat tanaman, membuat eco enzyme {cairan pembersih} dan menghemat dalam menggunakan air. Pembelajaran berbasis lingkungan diterapkan melalui metode based learning dengan pembiasaaan, dan pemberian contoh dari guru disetiap harinya. Kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan ini tentunya mempunyai kendala saat menerapkannya, diantaranya yaitu kemauan perserta didik dan pengaruh keluarga. Upayanya yaitu selalu mengingatkan pembiasaan yang baik kepada anak dan mengadakan kegiatan parenting.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Basis Lingkungan, Based Learning
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: SITI ZUMROTUL MUFARROCHAH
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:50
Last Modified: 11 Sep 2023 06:50
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ULFA, ULFA
NIDN2121067401
Thesis advisor
NI'MAH, RAUDLATUN
NIDN2125068202
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3689

Actions (login required)

View Item
View Item