PAIRIN, PAIRIN (2014) MODIVIKASI PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM RANGKA MENINGKATKAN EFFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN (SMK) WALISONGO DESA SUGIHWARAS KEC. SUGIHWARAS KAB. BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (135kB)
AWALAN.pdf
Download (280kB)
ABSTRAK.pdf
Download (93kB)
BAB I.pdf
Download (357kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Download (254kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (125kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB) | Request a copy
Abstract
Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Disini guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat besar, disamping sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa juga sebagai pembimbingdan mengarahkan peserta didiknya sehingga mejadi manusia yang mempunyai pengetahuan luas baik pengetahuan agama, kecerdasan, kecakapan hidup, keterampilan, budi pekerti luhur dan kepribadian baik dan bisa membangun dirinya untuk lebih baik dari sebelumnya serta memiliki tanggung jawab besar dalam pembengunan bangsa.
Salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh guru lebih mangaktifkan belajar siswa di kelas yaitu dengan menggunakan metode Tanya Jawab. Strategi ini dapat diterapkan pada pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah (1). Bagaimana pelaksanaan metode Tanya Jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)? (2). Sejauh mana efektifitas penggunaan metode Tanya Jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)? (3). Apa faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode Tanya Jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi dan dokumen lainnya. Data yang terkumpul penulis analisis dengan menggunakan tehnik analisi deskriptif.
Adapun jawabanya adalah (1) Metode Tanya Jawab adalah suatu tipe pembelajaran koopertaif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya.(2) Pembelajaran pendidikan agama Islam adalah upaya membelajarkan siswa untuk dapat mengubah tingkah laku individu dalam kehidupan kemasyarakatannya dan dalam alam sekitarnya melalui proses pendidikan yang dilandasi dengan nilai-nilai Islami.(3) Untuk penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat cocok sekali, selain dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas, juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Sehingga siswa mampu memahami dan menghayati agama Islam dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modivikasi Tanya jawab dan Pembelajaran Agama Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 12:16 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 12:16 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fahman, Mundzar UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/365 |