Mufidah, Imroatul (2023) Pengembangan Modul Permainan Edukatif Nusantara Yang Terintegrasi Dengan Mata Pelajaran Matematika Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Safinatun Najah Kalitidu. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER SKRIPSI.pdf
Download (50kB)
Awalan.pdf
Download (820kB)
BAB I.pdf
Download (545kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (474kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (364kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (433kB)
Lampiran 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Matematika adalah ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas II di MI Safinatun Najah Kalitidu Bojonegoro bahwa “Siswa kesulitan belajar dalam mata pelajaran matematika, siswa merasa bosan dan tidak bersemangat pengikuti proses pembelajaran mata pelajaran matematika dikarenakan saat proses pembelajaran pendidik lebih banyak menggunakan metode ceramah”. Dari hasil observasi itu peneliti memutuskan untuk membuat modul permainan yang
Tujuan penelitian yaitu: 1. Mendeskripsikan pengembangan modul permainan edukatif nusantara yang terintegrasi dengan mata pelajaran matematika di MI. 2. Mendeskripsikan hasil pengembangan modul permainan edukatif nusantara yang terintegrasi dengan mata pelajaran matematika di MI.
Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development), dengan model Borg & Gall. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara Validasi, Observasi, Angket, dan Dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validasi oleh ahli. Objek penelitian yaitu guru kelas II serta kepala MI Safinatun Najah Kalitidu Bojonegoro.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang telah peneliti buat sudah layak digunakan sesuai dengan uji validitas dari ahli materi, ahli Bahasa, ahli desain. Validasi materi mendapatkan persentase 76% mendapat kriteria layak, validasi Bahasa mendapatkan persentase 83% mendapat kriteria layak, validasi desain mendapatkan persentase 83% mendapat kriteria layak, serta analisis respon siswa terhadap pembelajaran mendapatkan persentase 75%. Maka dengan ini dinyatakan layak/ valid. Hasil uji coba kelompok kecil pretest mendapat persentase 58% posttest 74%. Hasil uji coba kelompok besar pretest mendapat persentase 57% posttest 80%.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | moul pembelajaran, permainan edukatif nusantara, matematika |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Imroatul Mufidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 05:05 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 05:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Amreta, Midya Yuli 0715059004 Thesis advisor Suttrisno, Suttrisno 0717069401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3626 |