Pengembangan Modul Permainan Edukatif Nusantara Yang Terintegrasi Dengan Mata Pelajaran Matematika Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Safinatun Najah Kalitidu

Mufidah, Imroatul (2023) Pengembangan Modul Permainan Edukatif Nusantara Yang Terintegrasi Dengan Mata Pelajaran Matematika Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Safinatun Najah Kalitidu. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (820kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of Lampiran 1.pdf] Text
Lampiran 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Matematika adalah ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas II di MI Safinatun Najah Kalitidu Bojonegoro bahwa “Siswa kesulitan belajar dalam mata pelajaran matematika, siswa merasa bosan dan tidak bersemangat pengikuti proses pembelajaran mata pelajaran matematika dikarenakan saat proses pembelajaran pendidik lebih banyak menggunakan metode ceramah”. Dari hasil observasi itu peneliti memutuskan untuk membuat modul permainan yang
Tujuan penelitian yaitu: 1. Mendeskripsikan pengembangan modul permainan edukatif nusantara yang terintegrasi dengan mata pelajaran matematika di MI. 2. Mendeskripsikan hasil pengembangan modul permainan edukatif nusantara yang terintegrasi dengan mata pelajaran matematika di MI.
Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development), dengan model Borg & Gall. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara Validasi, Observasi, Angket, dan Dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validasi oleh ahli. Objek penelitian yaitu guru kelas II serta kepala MI Safinatun Najah Kalitidu Bojonegoro.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang telah peneliti buat sudah layak digunakan sesuai dengan uji validitas dari ahli materi, ahli Bahasa, ahli desain. Validasi materi mendapatkan persentase 76% mendapat kriteria layak, validasi Bahasa mendapatkan persentase 83% mendapat kriteria layak, validasi desain mendapatkan persentase 83% mendapat kriteria layak, serta analisis respon siswa terhadap pembelajaran mendapatkan persentase 75%. Maka dengan ini dinyatakan layak/ valid. Hasil uji coba kelompok kecil pretest mendapat persentase 58% posttest 74%. Hasil uji coba kelompok besar pretest mendapat persentase 57% posttest 80%.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: moul pembelajaran, permainan edukatif nusantara, matematika
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imroatul Mufidah
Date Deposited: 11 Sep 2023 05:05
Last Modified: 11 Sep 2023 05:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Amreta, Midya Yuli
0715059004
Thesis advisor
Suttrisno, Suttrisno
0717069401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3626

Actions (login required)

View Item
View Item